Belajar Menerima Kenyataan

Oleh : Yahya Aziz.

Tahukah Anda mengapa penghuni rumah sakit jiwa 80 % orangnya bergelar sarjana, secara finansial mereka kaum berduit, rumahnya megah dan bermobil mewah ?

Mereka secara fisik sehat, yang sakit jiwanya. Orang seperti ini sulit disembuhkan melalui pendekatan medis kedokteran, dan hanya mampu disembuhkan melalui pendekatan religius. Begitu kata Prof. Dr. dr. Dadang Hawari, Sp. Kj psikiater dan penulis buku Alquran Ilmu Kedokteran dan Ilmu Kejiwaan.

 

Orang yang selalu mengeluh, gelisah, sedih adalah tanda orang yang tidak mau menerima kenyataan. Padahal ciri khas orang yang sabar adalah MENERIMA KENYATAAN TAQDIR TUHAN.

Kerelaan hati untuk menerima secara ihlas dan mensyykuri apa yang ada rizqi yang diperoleh akan membawa dampak besar bagi KESEHATAN JASMANI & KESEHATAN ROHANI.

Menerima dengan tulus berarti tiada unsur kekecewaan dan kesedihan yang membawa penderitaan. Menerima dan mensyukuri berarti mendapatkan kebahagiaan, orang yang demikian hatinya menjadi tenang.

AKIBAT TIDAK MENERIMA KENYATAAN
Kekecewaan, kepedihan dan kesedihan bukan hanya berdampak pada :
1. Wajah muram gelisah
2. Penatnya pikiran, selalu buruk sangka terhadap Allah
3. Berdampak pada kesehatan badan sulit disembuhkan melalui pendekatan medis kedokteran.
4. Orang yang sedih dan kecewa tidak bisa melakukan pekerjaan yang baik dan tenang.
Disinilah kami beri mutiara mutiara hati penyejuk kalbu kehidupan untuk memberi arti positif terhadap kenyataan.
1. Orang yang menerima kenyataan, hatinya tenang dan sehat badannya nya.
من رضي بما قسم له استراح قلبه وبدنه
“Barang siapa menerima dengan tulus atas rizqi yang dibagikan untuknya niscaya hatinya tenang dan badannya sehat nyaman”
2. Allah mengerti kondisi dan sayang pada Anda.
ارض عن الله فيما فعله بك فهو أدرى بك وأرحم بك من امك
“Terimalah dengan ridlo apa yang dilakukan oleh Allah terhadapmu, sebab ia lebih mengetahui dari pada dirimu dan lebih menyayangimu dari pada ibumu”
3. Allah Menguji Anda dengan kesulitan, kadang kala kesulitan kesusahan hidupmu lebih baik dari kemewahan. BELAJAR BAIK SANGKA KEPADA ALLAH.
افرح با ختيار الله لك فا نك لا ثدري بالمصلحة فقد تكون الشدة لك خير من الرخاء
“Terimalah dengan bahagia atas pilihan Allah untukmu, sebab engkau tidak mengetahui mana yang baik dan mana yang tidak. Kesulitan yang engkau hadapi kadangkala lebih baik bagimu dari pada pada kemudahan dan kemewahan”
Allah akbar, dari mutiara mutiara diatas ternyata banyak orang yang tidak kuat diuji dengan kekayaan, harta melimpah, muda tampan cantik, berumah megah bermobil mewah…. Satu penyakit nya,… DEKAT KESOMBONGAN,… benar firman Allah : sedikit sekali hamba Ku yang mau bersyukur.
Jangan galau, gelisah, sedih nanti cepat tua lo. Tersenyum lah… Sebagaimana matahari tersenyum di pagi yang indah ini.
Okelah kalau begitu 😀😀😀😀😀😀😀😀😀
( Dialog pagi bersama mahasiswi PLP dan guru guru TK Unggulan Annur Wonocolo Surabaya )
# Penulis menara Madinah com dan buku Taubatnya Peselingkuh#