Gaya Hidup dan Biaya Hidup

Oleh : Haryadi Pamungkas.

Sebagian orang mengatakan bahwa semakin lama biaya hidup semakin mahal. Sehingga banyak orang stres karena tidak bisa memenuhi biaya hidup. Benarkan demikian?

Yang sebenarnya biaya hidup itu tidak mahal. Yang mahal adalah gaya hidup. Ingat biaya hidup adalah kebutuhan, sedangkan gaya hidup adalah ke inginan. Kebutuhan hidup Anda sehari-hari insya Allah tidak mahal, tetapi memenuhi gaya hidup adalah mahal.

Banyak orang masih tenang dan tentram hidupnya karena merasa kebutuhan hidupnya telah termenuhi. Bisa makan walau se adanya, bisa menutup aurat walau bahannya tidak sebagus milik tetangga, bisa berteduh walau rumahnya sederhana dan merasa bahagia memiliki kendaraan walau tidak semewah milik temannya dan banyak contoh bahwa kebutuhan hidup tidak mahal.

Sementara sebagian orang hidupnya sebenarnya lebih dari cukup, hanya karena tidak mampu memenuhi keinginannya akhirnya merasa berat dan mahal hidupnya. Bukan berat memenuhi kebutuhan hidup tetapi berat memenuhi keinginan hidunya.

Orang akan merasa ringan jika tahu atas kebutuhan hidupnya, tetapi orang akan merasa berat jika memenuhi keinginan hidunya. Ingat BIAYA HIDUP adalah KEBUTUHAN dan GAYA HIDUP adalah KEINGINAN

Semoga kita selalu terpenuhi kebutuhan hidup dan kita mampu menekan gaya hidup kita

Inspirasi dan Motivasi Pamungkas Center Management

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *