Makam Kramat Mbah Bungur di Surabaya Selatan

Makam Mbah Bungur berada tidak jauh dari Terminal Bungurasih atau Purabaya Surabaya. Cukup luas lokasinya dan asri. Seperti apakah kisahnya. Berikuti ini dikisahkan Firman Hidayat pecinta makam bersejarah :

Salah satu makam keramat di Surabaya Selatan adalah Makam Mbah Bungur. Letaknya tidak jauh dari Terminal Bungurasih Surabaya.

Didalam makam tersebut ada 5 makam.  1. Makam yang ada dindalam cungkup berkelambu  yaitu Syekh Jaelani atau Mbah Jenggot. Karena dulunya berjenggot.

Diluar ada 4 makam muridnya. Satunya Mbah Bongo atau bungur yang dulunya kepaladesa Bongo. Lokasinya didekat pohon beringin tua. 3 makam lainnya adalah murid Syekh Jaelani.

Makamnya Syekh Jaelani sudah dikeramik. Tidak asli lagi. Hanya nisannya yang masih asli bertuliskan Arab Pegon.

Sedangkan makam 4 muridnya. Tidak dalam bentuk aslinya.  Karena dulunya Nisan diluar dulunya terbuat dari batu.

Pengurus makam dan tokoh desa yang melakukan penghilangan keaslian makam. Saat mengadakan renovasi di zaman Reformasi. Memang sangat disayangkan sekali. Mereka tidak tahu kalau itu makam bersejarah. Hanya nisan dan pohon beringin yang masih asli.

Meskipun sudah banyak kehilangan keasliannya, setiap ada pemilihan bupati Sidoarjo ziarah kesini.  Meminta restu. Husnu Mufid jurnal8s cituzen.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *