Doa dan Kerawuhan di Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim

 

Gresik-menara madinah.com-Makam SUNAN Gresik Atau Syeikh Maulana Malik Ibrahim Gresik tidak pernah sepi peziarah. Saban hari, tak peduli pagi, siang, sore, dan malam, ada saja peziarah datang silih berganti.
Salah satu Sesepuh yg memimpin Do’a di Makam Syeikh Maulana Malik Ibrahim Adalah Habib Muhammad yg sering akrab dipanggil Habib Achmad.


Salah satu Duriyah/ Cucu dari Wali Quthb Habib Abu Bakar bin Muhammad bin Umar Assegaf
yg makamnya ada dikompleks Masjid Jamik Alun Alun Gresik.

Sang Habib mengatakan bahwa,”
Dalam cungkup terdapat tiga Makam dengan ornament dan ukuran yang berbeda.
Tiga makam itu yaitu
sebelah kiri merupakan makam Maulana Malik Ibrahim,disebelahnya makam sang istri yaitu Syayyidah Siti Fatimah, dan yang terakhir makam sang putera Syekh Maulana Maghfur, yang sisi depannya dihiasi dengan relief ayat-ayat Al-qur’an
Ia wafat pada Senin 12 Rabi’ul Awwal 822 Hijriah yang berarti 1419 Masehi.

Menurut beberapa literatur yang ada, Syekh juga Maulana Malik Ibrahim sangat ahli dalam pertanian, pengobatan dan tata negara.

Syekh Maulana Malik Ibrahim Adalah Kakak dari Syekh Maulana Ishaq / Ayah Sunan Giri yg tersohor Ahli pengobatannya setelah berhasil menyembuhkan putri Prabu Minak Sembayu Raja Blambangan yg bernama Dewi Sekardadu dan kedua duanya Adalah Putera Syekh Maulana Ahmad Jumadil Qubro yg Makamnya Ada di trowulan Mojokerto yg mempunyai Tugas dari Sultan Turki Ustmani untuk menyebarkan Agama Islam di Nusantara ini .

Banyak yg tidak mengetahui bahwa Masjid Pesucinan Syeikh Maulana Malik ibrahim yg didalamnya Ada Air sumur sbagai Air Penyembuhan yg terletak di desa Leran kecamatan Manyar gresik sekaligus tempat mendarat Kapalnya di kota Gresik pada tahun 801 H/1392 M untuk menjalankan dakwah Islam sekaligus sebgai bukti sejarahnya dan bukan Dongeng belaka.

Saya sendiri sudah sering membuktikan keampuhan Air penyembuhan tersebut dgn kerawuhan dan Do’a untuk bermunajat kepada Allah SWT.

,”Wali Allah setitik pun tidak ada dosa. Dan Surganya pun sudah dijamin sama Allah. Makanya kita deketin, dengan doa beliau, (doa kita) diijabah langsung ucap,” Habib Akhmad setelah menerima kerawuhan dan Do’a bersama Dgn Tamu Rombongan Dari POLDA JAWA TIMUR.

Gilang Adiwidya

Koresponden MM.com