QANA’AH (Puas Hati) Kekayaan Hakiki

Oleh : Yahya Aziz.
السعيد من كفي
“Orang bahagia adalah orang yang merasa berkecukupan”.

Di dalam pelajaran bahasa Indonesia lawan kata dari kaya adalah miskin. Tapi di dalam alqur’an dan berbagai macam literatur agama islam lawan kata kaya bukan miskin tapi CUKUP.
Jika Anda menghendaki kekayaan hakiki (sesungguhnya), maka raihlah ia dengan kepuasan setelah usaha maksimal, karena kepuasan itulah HARTA yang tak habis habisnya. Itulah QANA’AH (puas hati)
Hindarilah rakus /tamak, karena itulah kemiskinan yang tiada taranya.
Banyak orang kaya, pangkat tinggi, rumah megah dan mobil mewah tapi mentalnya seperti orang miskin, selalu merasa kurang, pelit dan rendah jiwa sosialnya.
Siapa yang puas dengan rizqi yang diterimanya maka dia tidak akan bersedih. Kurangilah ketergantungan pada orang lain, niscaya Anda berbahagia.
Ternyata resep kaya dan bahagia itu sederhana sekali, syarat syaratnya adalah :
1. Jika Anda merasa cukup, puas hati menerima rizqi Tuhan apa adanya maka Andalah orang paling kaya dan bahagia sedunia.
Itu semua tergantung mentalnya. Jika sudah kaya tapi masih korupsi, itu tandanya MENTAL MISKIN.
2. Tolok ukur kekayaan dan kebahagian seseorang bukan banyaknya harta. Banyak orang yang kaya harta tapi hidupnya menderita. Buat apa harta melimpah, tapi tiap minggu cuci darah. Banyak deposito di Bank tapi sayang kena gagal jantung. Punya pasangan tampan dan cantik tapi sayang hobinya PELAKOR dan PEBINOR.
السعادة ليست بكثرةالمال فكم من مكثر شقي ومقل سعيد
(Kebahagiaan bukanlah banyaknya harta, karena berapa banyak harta tapi menderita, sementara yang sedikit harta justru bahagia)
3. Setiap orang pasti punya masa lalu.
Mengambil pelajaran hidup masa lalu dan ada keteguhan hati untuk hijrah, inilah orang yang paling bahagia
السعيد من اعتبر با مسه واستظهر لنفسه
(Orang bahagia adalah orang yang mengambil pelajaran dari hari kemarinnya dan menelisik ke dalam jiwanya )
4. Mau menerima nasehat orang lain. Selama orang itu mau mengaji dan rajin mendatangi majlis majlis ilmu untuk mendengarkan siraman rohani, maka itu tanda hatinya hidup. Dan itulah orang yang paling bahagia.
السعيد من وعظ بغبر
( Orang bahagia adalah yang dinasehati oleh orang lain)
Inilah mutiara embun pagi, hanya setetes ilmu sederhana. Semoga manfaat aja.
Jika Anda Lulus Dalam Sertifikasi Guru…. Jadilah Guru Yang Qona’ah, Doa’kan selalu murid murid mu setiap habis shalat. Yang mampu merubah akhlak murid bukan dirimu, tapi hidayah dari Allah SWT…..
( Tausiyah Diklat Guru Guru Madrasah Bali, Jawa Dan Madura )
#Penulis Menara Madinah com & Buku Taubatnya Peselingkuh#

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *