Gunung Klotok Kediri

Oleh : Muji Harjita.

Gunung Klotok dinikmati dari sisi barat.. tepatnya dari Desa Pagung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri…

Diambil dari Wikipedia, Gunung Klotok adalah salah satu gunung yang terdapat di dekat kaki Gunung Wilis. Gunung ini terletak di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kediri, Provinsi Jawa Timur. Gunung ini merupakan gugusan Pegunungan Wilis yang letaknya cukup jauh dari Gunung Wilis sendiri. Gunung ini memiliki ketinggian ± 536 MDPL.

Nama Klotok berasal dari kata Kolo dan Tok. Kolo yang berarti bahaya dan tok berarti saja. Sehingga Klotok berarti gunung yang berbahaya. Keunikan gunung ini adalah bentuknya menyerupai sosok perempuan yang sedang tidur. Olehnya Klotok juga dijuluki sebagai Si Cantik Tidur.

Gunung ini merupakan pembatas antara Kota Kediri dan Kabupaten Kediri di sebelah baratnya. Gunung ini banyak mengandung nilai sejarah. Di gunung ini terdapat 3 Goa yaitu Goa Selomangleng, Goa Selobale dan Goa Padedean. Selain itu, di gunung ini terdapat satu mata air yaitu Sumber Lo.

Dan yang terkini adalah ditemukannya tiga buah bangunan Candi dan Partirtan. Tiga candi dan patirtan tersebut ditemukan di Gunung Klotok sisi timur, masuk wilayah Kota Kediri.

#save_gunung_klotok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *