KS Fisip Unej Bhaksos Ke Anak Berdampak Bencana di Jember

 

Jember-menaramadinah.com-Program Studi Kesejahteraan Sosial (KS ) Fisip Unej Jember melalukan baksos dan
kegiatan trauma healing bagi anak-anak korban banjir di Jember di beberapa titik pada Jumat tadi pagi (5/2/2021)

Menurut Kris Hindrijanto, S.Sos, M.Si, dosen pembinbing kegiatan ini mengungkapkan ujung tombak kegiatan ini adalah mhsw, maka sebagai koordinator bhaksos adalah Balqis Fiscania, salah satu mahasiswa KS Fisip Unej. Didampingi 2 orang dosen dan digerakkan oleh 25 mahasiswa yang ikut terjun ke lokasi bencana.

Ada 4 titik yang diberikan bantuan; Kepatihan, Patrang, Durenan (Jl. Ciliwung), & Antirogo.

Menurut Kris, agak berbeda dengan bantuan dari beberapa pihak lain, bantuan yang diberikan didahului dengan assessment kebutuhan terhadap para korban. Dari assesment itu teridentifikasilah beberapa kebutuhan yang dirasa paling mendesak bagi korban, yakni; alas tidur (kasur lipat), alat untuk bersih lantai (alat pel, & sabun antiseptic utk lantai), alat mandi & cuci (sabun mandi & sabun cuci), mie instan, gula & kopi untuk mereka yang selalu melekan & kerjabhakti lingkungan, dll.

Meski demikian, bantuan lainnya juga seperti pakaian layak pakai yang diperoleh dari para donatur juga tetep mereka salurkan.Dalam hailing ini, ungkap Kris, Intinya mengajak anak-anak berkegiatan & bermain, yang akan membuat anak tetap semangat, & selalu happy di tengah situasi bencana. Kegiatannya ada game, ada latihan mencuci tangan & menggunakan masker yamg baik & benar, memberikan hadiah pada anakĀ² yg tampil unjuk kebolehan, dll.(gih)