Bermesra Melalui Doa

Prof. Dr. Moh. Ali Aziz, M.Ag
(Serial Kajian Doa. Bagian 1).

Banyak orang salah paham tentang doa. Ia dianggap hanya sebuah permohonan. Itu salah besar. Ada empat fungsi doa, yang saya singkat DEBU PASAR:

(1) Dekat. Artinya, semakin banyak berdoa, Anda semakin dekat kepada-Nya. Nabi SAW bersabda, “Mintalah kepada Allah, sebab Dia senang untuk diminta” Berbeda dengan manusia, yang pasti bosan jika diminta sesuatu setiap lima menit. (HR. At Turmudzi dari Ibnu Mas’ud ra.)

(2) Butuh. Artinya, ketika berdoa, Anda menyatakan butuh pertolongan Allah untuk kesuksesan dan keselamatan. Maka, jika misalnya Anda tidak berdoa ketika berkendara, lalu jatuh kecelakaan, maka Allah bisa saja mengatakan, “Atasi sendiri!, Tak perlu memanggil-Ku, sebab engkau tidak membutuhkan-Ku dalam perjalananmu.” Allah berfirman, “Aku marah kepada orang yang tak berdoa kepada-Ku” (HQR. ‘Askary dari Abu Hurairah r.a).

(3) Pahala. Artinya, sebuah doa akan mendatangkan pahala, sebab Anda pasti memanggil nama-Nya, “Wahai Allah” atau “Wahai Tuhan kami,” yang menunjukkan pengakuan Anda akan ketuhanan Allah.

(4) Besar. Artinya, setiap kali Anda berdoa, Anda mengakui betapa kecil, lemah, dan miskin Anda di depan kebesaran Allah Yang Maha kuat, Maha Perkasa, Maha Kaya, Maha Penolong, dan Maha Mengatur. (Dari Buku Doa-doa Keluarga Bahagia karya Moh. Ali Aziz, p. 100-102). Silakan hubungi Kantor/Zahra 081231304333.