Madrasah Al Hikam Menyiapkan Ribuan Bibit Tanaman Untuk Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia

 

Jombang, menaramadinah.com-Madrasah Al Hikam Jatirejo Diwek Jombang mengajak masyarakat untuk mengikuti acara serentak menanam untuk Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI).
Banyak cara untuk menjaga kelestarian lingkungan, salah satunya seperti yang dilakukan oleh Ibu Hj. Maftuhah Mustiqowati, S.Ag. M.Pd yang lebih akrab dipanggil ibu Ika selaku pengasuh ponpes Mamba’ul Hikam sekaligus Kepala Madrasah Al Hikam, bersama komunitas Pencinta Lingkungan menggalakkan serentak menanam pohon untuk memperingati hari menanam pohon Indonesia (HMPI).


Telah disiapkan 3200 bibit pohon yang diperoleh dari bantuan Balai Persemaian Permanen (BPDAS BRANTAS) Kemlagi Kab. Mojokerto, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Jombang dan POKJA Pembibitan Pondok dan Madrasah Al-Hikam seperti; Matoa, Sengon, Jati, bambu, nangka dan masih banyak lainnya, tak ketinggalan pula pohon keunggulan dari Madrasah Al Hikam yakni Pohon Tiin.

Acara ini dilaksanakan secara beruntun mulai tanggal 25-28 November 2020 di Madrasah Al Hikam. Hari pertama yakni pembagian bibit tanaman yang dihadiri sebanyak 30 sekolah yang menjadi binaan Madrasah Al Hikam dalam pelestarian lingkungan. Acara tersebut dihadiri Ketua Yayasan Mambaul Hikam KH. Moh. Irfan, M.HI, Kasi PENDMA Kemenag Jombang, Bapak Arip Hidayatullah, M.PdI, Dinas Lingkungan Hidup yakni Bapak M. Amin Kurniawan, ST,M. Ling, Pengawas Kementerian Agama Bapak. H. Sunoto, M.Pd, Bapak Darlis, M.Pd, dan Pengasuh sekaligus Kepala Madrasah yakni Ibu Hj. Maftuhah Mustiqowati,S.Ag,. M.Pd. Acara dibuka dengan sambutan Kepala Madrasah Al Hikam Jombang yang biasa disapa bu ika, beliau menyampaikan menanam adalah anjuran Rosulullah Muhammad S.A.W yang tertulis dalam hadits Shohih Muslim 1552, seorang muslim yang menanam dan hasil menanamnya dimakan oleh burung, manusia dan hewan maka sodaqoh baginya.

Dari Dinas Lingkungan Hidup, beliau menyampaikan lahan kritis di Jombang sebesar 6800 hektar, Upaya komunitas Madrasah dan Sekolah menanam pohon mudah mudahan bisa mengurangi lahan kritis di Jombang. Kasi PENDMA Kemenag Jombang, dalam sambutanya menyampaikan bahwa kedepan madrasah dengan mencintai lingkungannya diharapkan membawa dampak terhadap peningkatan ekonomi madrasah yang bisa disebut dengan kewirausahaan.
Sungguh luar biasa antusias dari berbagai kalangan untuk mengikuti acara menanam pohon tahun ini, secara tidak langsung Madrasah/Sekolah dan Pesantren dan Pesantren di Jombang sudah mulai peduli akan pentingnya menjaga lingkungan. Kabar berita pembagian bibit pohon mulai terdengar diberbagai kalangan pecinta tanaman, hal ini dibuktikan banyak rekan-rekan yang berkunjung ke Madrasah Al Hikam untuk berkenan mengikuti menanam pohon serentak.

“Alhamdulillah, semakin banyak yang mengikuti acara ini maka semakin banyak kita menebar kebaikan untuk menjaga lingkungan”. Tutur kepala Madrasah Al Hikam dengan senyum khasnya.
Acara puncak pada tanggal 28 November 2020, yakni acara menanam pohon secara serentak yang akan dilaksanakan secara virtual, dalam acara ini dibuka langsung oleh Pengasuh sekaligus Kepala Madrasah yakni Ibu Hj. Maftuhah Mustiqowati,S.Ag,. M.Pd, Penjamin Mutu Madrasah Al Hikam Bapak. Dr. H. Nur Ali, M.Pd dosen Universitas Islam Negeri Malang, dan Pengawas Madrasah Al-Hikam Bapak H. Asy’ari, M.Pd.

Pohon yang sudah dibagikan di tanam di wilayah masing-masing, ada yang di Madrasah/Sekolah, di Pondok Pesantren, di rumah, di kebun, di pinggir jalan dll. Secara tidak langsung ada 3200 bibit Pohon yang ditanam di Kabupaten Jombang, dan pada tanggal 30 November 2020, Madrasah Al Hikam melanjutkan aksinya menanam pohon di Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama Kabupaten Jombang. Sungguh angka yang sangat fantastis dan patut untuk diapresiasi.

Semoga apa yang diupayakan oleh Pondok Pesantren Mambaul Hikam dan Madrasah Al Hikam Jombang akan menginspirasi semua kalangan masyarakat untuk lebih mencintai lingkungan dalam pelestarian alam.

DAFTAR MADRASAH/SEKOLAH DAN PESANTREN DAN PESANTREN
KOMUNITAS PENCINTA LINGKUNGAN KABUPATEN JOMBANG
NO NAMA MADRASAH/SEKOLAH
1 Sdn Mojokrapak 3 Tembelang
2 Mts Fattah Hasyim Bahrul Ulum
3 Mts Yaa Rouuf
4 Mts At Taufiq Bogem
5 Mts Nurul Quran
6 MI Islam Bendet
7 MI Mamba’ul Ulum Corogo
8 MI Al-Ittihad Kalianyar
9 MTs Midanutta’lim Jogoroto
10 MIS seblak
11 MTs Miftahul Ulum Jarakkulon
12 MI Nurul Iman Dempok
13 MI Sunan Kalijaga
14 SDN Cukir 2
15 SMP Islam Al-Madinah Petengan Tambakrejo
16 MTs.Ar Rosyidin Pulogedang – Tembelang
17 MTs Mamba’ul Ulum Murukan Mojoagung
18 SDN Cukir 1
19 Mts. Syafi’iyah pulorejo ngoro
20 SD Islam Makarimul Akhlaq Blimbing-Gudo
21 MTs. Darul Hikmah Bandungsari
22 MI Darus Salam Kayen
23 MI Al-As’ad Brambang Diwek
24 MTs Nidhomiyah ploso
25 MTs Darul Hikmah Diwek
26 MTs Nurul Qur’an Kebonagung Ploso
27 MI toyyib Hidayat
28 MI Darul Ulum 2 Bendungrejo
29 MA Al-Azhar Denanyar
30 MTS DARUL MUAWANAH
31 MANCILAN
32 MtS Al-Falah
33 MTS MIFTAHUL ULUM DERO
34 MTS DARUSSALAM NGORO
35 MA ASSULAIMANIYAH
36 MA TPI
37 MTS BUSTANUL ULUM
38 MTS AL-AZHAR GROBOGAN
39 MA NURUL QURAN
40 MA NURUL JADID
41 MA AL HIDAYAH
42 MTs AL-HIDAYAH
43 MA MINHAJ
44 MA AL MAARIF
45 MA DARUSALAM NGORO
46 MA MIFTAHUL ULUM
47 SMP AL CHODIJAH
48 MA AL CHODIJAH
49 Pon-Pes Al-FATIH TAMBAK BERAS
50 SDN 1 GEDANGAN
51 Pon-Pes AL CHODIJAH
52 Pon-Pes AINUSYAM PETERONGAN
53 Pon-Pes NURUL QUR’AN BENDUNG REJO
54 MTsN KESAMBEN

Sholahudin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *