RAKER DEWAN KEBUDAYAAN KABUPATEN KUNINGAN

Oleh : Tetty Maryati, S.Pd.,MM. (Anggota Dewan Kebudayaan Kab. Kuningan)

Dewan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, hari ini, Selasa 24 November 2020 menyelenggarakan Rqpat Kerja bertempat di Wisma Permata Kuningan.

Rapat kerja yang dibuka oleh Bupati Kuningan, H.Acep Purnama tersebut diikuti oleh Dewan Pakar Kebudayaan Kuningan, Pengurus Harian Dewan Kebudayaan Kuningan, Komisi Organisasi dan Kelembagaan Dewan Kebudayaan Kuningan, Koordinator Wilayah dan beberapa Pimpinan Group seni Tradisional di Kabupaten Kuningan.

Dewan Kebudayaan Kuningan yang dari awal mengangkat tema “Ngaroris, Merenahkeun, Tur Mateahkeun Banda Budaya nu Bacacar” yang berarti “Memeriksa, Menempatkan, dan Memanfaatkan Sumber Daya Budaya yang beraneka ragam”.

Dalam sambutannya Bupati Kuningan menyampaikan ucapan terimakasih pada seluruh jajaran Dewan Kebudayaan atas kiprahnya dalam melestarikan budaya di Kuningan.
“Kebudayaan merupakan cipta,karsa. Selaku umat manusia yg paling mulya,  dalam menciptakan budaya harus yang manfaat bagi umat” lanjut H. Acep Purnama, menjelang dibukanya acara.

Acara raker dibagi beberapa komisi, diantaranya:
1. Komisi Organisasi dan Kelembagaan
2.  Komisi Pengembangan SDM
3.  Komisi Pengembangan Religi,  NIlai2 Tradisional dan Retus.
4.  Komisi Pengembangan Bahasa, Sastra dan Aksara
5.  Komisi Pengembangan Tradisi Lisan dan Teater Tradisional
6.  Komisi Pengembangan Kesenian
7.  Komisi Pengembangan Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional.
8. Komisi Pengembangan Sejarah dan Kepurbakalaan.
9.  Komisi Pengembangan Prngetahuann dan Teknologi Tradisional.

Dengan dilaksanakannya Rapat Kerja Dewan Kebudayaan,diharapkan Dewan Kebudayaan menjadi soko guru budaya di Kabupaten Kuningan melalui pengembangan kebudayaan yang dituangkan dalam program2 yang akan dibahas hari ini, dan dijadikan acuan pelaksanaan kedepannya.

TettyMaryati@menaramadinah.com