Al Imam Al Habib Umar Abu ALAMAH

Biografi : Al Imam Al Habib Umar Abu Alamah Bin Ali Bin Syeikh Abu Bakar Bin Salim adalah seorang Wali shalih yang agung, dijuluki dengan julukan Abu Alamah beliau pendiri masjid Ar Raudhah di Mukalla, yang sejak dahulu hingga sekarang masih berdiri dan makmur dengan para penghafal Al Quran, entah sudah berapa huffazh Al Quran yang tercetak dari masjid beliau hingga sekarang.
Lantaran keikhlasan Abu Alamah ketika ingin membangunnya, Abu Alamah membeli tanah untuk masjidnya dari seseorang dipinggir pantai Kota Mukalla, karena hatinya yang bersih dan kezuhudannya beliau tidak memeriksa tanah tersebut sebelum membelinya. Namun setelah dibayar ternyata didapati tanah tersebut adalah lautan, maka dengan kemuliaannya disisi Allah beliau berkata : Wahai lautan mundurlah,. maka lautannya pun menjauh tunduk perintah beliau, kemudian beliau membangun masjid Ar Raudhah di tanah tersebut.
Beliau adalah seorang Wali yang dimuliakan Allah dengan banyak karomah yang agung dan luar biasa, sederhana bisa sampai ke Negeri Indonesia dan tempat pertama yang beliau pijakan adalah pulau Sumatra kemudian beliau melanjutkan perjalanan hingga sampai Cirebon, beliau membeli tanah dan membangun masjid di daerah Gebang, kemudian menggali sumurnya yang mata airnya bersambung dengan mata air Zamzam, beliau berpesan : Barang siapa yang adzan di masjidku ini bertujuan ingin menikah maka akan meraih apa yang dituju. Jika pernikahan yang melibatkan banyak pihak saja terkabul bagaimana dengan tujuan yang lainnya.
Semoga Allah kumpulkan kita dengan para Wali Nya di Dunia dan Akhirat.

Dari berbagai sumber
Oleh Jrm Cirebon
Gambar Makam Gunung Jati 1920

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *