Karomah Al Imam Al Habib Umar Abu Alamah bin Syeikh Abu Bakar dengan mengetukkan Tongkatnya semua pintu di makam Sunan Gunung Jati terbuka.

Al Imam Al Habib Umar Abu Alamah bin Syeikh Abubakar adalah seorang Ulama dari Hadramaut yang datang ke Cirebon pada abad 19, di Cirebon ada beberapa peninggalan beliau, salah satunya adalah Masjid dan sumurnya yang terkenal tepatnya di daerah Gebang Kab.Cirebon. Berikut ini kisahnya.

Dalam Kisahnya, tatkala Abu Alamah di tanya oleh sebagian Jamaahnya kapan jiarah ke Maulana Cirebon di Gunung Jati, beliau menjawabnya ” Nanti menunggu izin dari Maulana Gunung Jati ”
Mendengar hal tersebut Jamaah nya hanya bisa diam membisu keheranan, tidak lama setelah itu Abu Alamah meminta diantarkan Jamaah dan beberapa Masyarakat sekitar untuk berjiarah ke Gunung Jati, beliau ungkapkan pada Jamaahnya bahwa beliau diminta untuk datang ke Gunung Jati
Singkatnya diantarkanlah Abu Alamah dan rombongan ke pintu yang sudah di tentukan, Abu Alamah pun berkata bahwa dirinya mau langsung berjiarah langsung ke Makam Sunan Gunung Jati, namun setelah meminta ijin dari pengurus makam tidak di izinkan dengan alasan hanya Keluarga Keraton dan keluarga Gunung Jati saja yang bisa masuk.

Dengan tersenyum Abu Alamah menegaskan bahwa dirinya datang karna di perintah oleh Sunan Gunung Jati langsung, untuk meyakinkan hal tersebut Abu Alamah berkata lagi ” Kalau kalian ragu ragu lihatlah Karomah Maulana Gunung Jati ini ” dengan mengetukkan Tongkatnya Abu Alamah meminta di bukakan pintu, dan atas ijin Allah semua pintu di Gunung Jati yang menuju Makam Sunan Gunung Jati terbuka dengan sendirinya, setelah terbuka Abu Alamah pun masuk dan para penguruspun tidak bisa mencegahnya karna mereka berkeyakinan bahwa kedatangan Abu Alamah diundang langsung oleh Sunan Gunung Jati.

Setelah melakukan Jiarah Abu Alamah berkirim salam pada pihak keraton Cirebon agar mengijinkan semua cucunya Rasulullah untuk masuk kedalam Qubbah Makam Sunan Gunung Jati, hingga kini peraturan tersebut berlaku berkat Al Imam Al Habib Umar Abu Alamah bin Syeikh Abubakar. ISN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *