Peringatan HSN Smankar, Gelar Apel Santri dan Baksos Peduli Covid 19

Menaramadinah.com – Lamongan. Momentum Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2020 ini dimanfaatkan oleh SMA Negeri 1 Karangbinangun (Smankar, red) menggelar Apel dan Bakti Sosial berupa pembagian paket sembako. Hal yang dikaitkan dengan peran sosial pada warga sekolah dan masyarakat sekitar yang terdampak pandemi Covid 19.

Peringatan HSN di Smankar, Kamis (22/10) untuk pertama kalinya digelar tahun ini berlangsung cukup hikmat. Seluruh civitas akademik, baik siswa, guru dan karyawan mengikuti apel HSN yang juga dibarengkan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H ini semangat kebersamaan. Warga Smankar ini dengan totalitas dan antusiasnya menyambut HSN dengan berbusana santri.

Para guru dan karyawan, untuk yang laki-laki memakai sarung, songkok, berbaju koko putih dipadu dengan jas baru nampak seperti santri kekinian. Adapun ibu-ibu memakai baju gamis putih dan berjilbab putih. Sedangkan para siswa juga memakai baju taqwa dengan warna putih.

Seremonial Apel HSN dihelat sejak pukul 07.00 WIB dan berjalan dengan lancar. Suasana menjadi haru saat sesi Makhalul Qiyam atau yang lebih dikenal dengan sebutan Marhabanan. Dipandu oleh grub Banjari Smankar Shoutul Muhibin yang diasuh oleh Gus Najib (Emha Ainun Najib) yang diikuti oleh seluruh peserta apel membuat suasana religius mengumandang di langit Smankar.

Kepala SMA Negeri 1 Karangbinangun, Drs. H. Ali Nurdin, M.Pd kepada Menaramadinah.com mengatakan bahwa esensi HSN itu bisa menjadi kekuatan religi dan sosial agar para siswa di lembaganya itu memiliki wawasan pada sejarah para ulama dan santri yang berjuang untuk negeri. Sedangkan kegiatan Baksos yang menyertai di peringatan HSN ini bisa memupuk sikap kepedulian siswa pada lingkungannya dan warga sekitarnya.

“Tonggak peringatan HSN di Smankar ini kita arahkan agar lembaga kita ini makin tertata dengan baik. Esensinya pada anak didik kita itu bisa kita tanamkan nilai keagamaan dan peran bermasyarakat seperti kegiatan bakti sisial itu. Jiwa anak-anak kita ini kita tumbuhkan rada empati dan simpatinya pada warga sekitar yang kini sedang terdampak pandemi Covid 19, ” urainya.

Di tempat terpisah Waka Kesiswaan, Drs. Khoirul Huda, M. Pd menjelaskan tentang bakti sosial yang digelar oleh Smankar ini dirupakan dalam bentuk paketan sembako. Menurutnya, panitia HSN Smankar yang diampu KH. Khairil Anwar (Abah Anwar) menyediakan 211 paket sembako yang dibagikan ke warga sekolah dan sekitar.

“Dalam peringatan HSN yang kita rangkai dengan Maulid Nabi SAW ini Smankar mengadakan bakti sosial berupa pembagian sembako. Sararannya yang utama adalah warga sekolah yakni para siswa yang perlu bantuan tersebut. Baru sasaran kedus yakni warga sekitar yang membutuhkan karena kebetulan di saat pandemi Covid 19 ini mereka juga terkena imbasnya. Jadi baksos ini Insha Allah juga ikut membantu pemerintah dalam penanganan wabah corona ini, ” kata pria yang ramah senyum ini.

Data yang dihimpun Menaramadinah. com dari Abah Anwar yang merinci kegiatan Baksos di HSN Smankar, bahwa paket sembako sebanyak 211 itu telah diberikan pada yang berhak. Untuk warga warga sekolah sebanyak 96 paket sembako diberikan pada siswa, dan 11 paket untuk tenaga karyawan serta Outshorsing. Sedangkan sejumlah 104 paket sembako lainnya diberikan pada warga yang tinggal di desa sekitar.

” Alhamdulillah semua paket sembako sebanyak 211 itu telah terdistribusi dengan baik. Untuk warga sekolah yang mendapat bantuan ada 96 siswa, dan 11 karyawan/ outshorshing. Dan selebihnya ada 104 yang diberikan pada warga desa sekitar. Meliputi Desa Windu 44 paket, Desa Karangbinangun dan Sambopinggir masing-masing 30 paket. Mudah-mudahan bantuan sembako ini membawa kemaslahatan dan keberkahan untuk lembaga kita bernaung ini, ” tukasnya.
DANAR SP