KIPRAH KETUA DPC FORSA KUNINGAN

Lahir di Kuningan 22 Februari 47 tahun silam, Teti Maryati, S.Pd. M.M. menjalani hari -harinya sebagai Guru PNS di SMPN 2 Jalaksana. 22 tahun berkiprah dibidang pendidikan, tahun 2015 masuk 10 besar Guru Berprestasi tingkat Kabupaten melalui seleksi dan forto folio. Berikut ini profilnya.

Teti Maryati yang mengajar Mata Pelajaran IPS ini sekarang menjadi pengurus MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) gugus Kota Kuningan.

Tahun 2014 mulai bergabung di Forsa Kuningan, atas kecintaanya pada karya- karya Rhoma Irama.
Setelah bergabung di Forsa, segala upaya ditempuh untuk membesarkan Forsa Kuningan.
Karena cintanya pada lagu – lagu soneta, ketika beliau mengajar di kelas, beliau bereksperimen dengan gaya mengajarnya sendiri, membedah isi lagu Rhoma Irama, menyanyikan lagu – lagu Rhoma Irama di kelas, membuat soal – soal ulangan yang bercerita tentang isi lagu Rhoma Irama, yang disesuaikan dengan Standar Kompetensi dan Materi yang pas dengan isi lagu. Karena lagu – lagu Rhoma Irama banyak yang sesuai dengan materi, misalnya lagu INDONESIA, 250 Juta, dan lain – lain.
Teti maryati juga melatih pertunjukan kesenian pada moment tertentu, misalnya acara Perpisahan Sekolah atau pentas Seni dengan menampilkan Kabaret bertemakan lagu Rhoma Irama.
Alhasil, banyak siswa yang tertarik di Forsa dan bergabung, kurang lebih 30 orang yang selalu aktif dalam kegiatan Forsa, karena umur siswa SMP masih anak – anak, sampai dikenal istilah *Forsa Kids*. Merekalah yang jadi penerus Forsa dimasa depan khususnya Forsa Kuningan.

Teti Maryati yang malang melintang di dunia MC (Pembawa acara) baik formal maupun non formal sejak tahun 1990. Menjadi satu -satu nya MC wanita yang dilantik Bupati Kuningan bersama 59 MC Pria lainnya yang tergabung dalam Forum Komunikasi MC ( Forsi) Kabupaten Kuningan tahun 2017 silam.
Keberadaannya di Forsi tentu mendukung kiprah beliau dalam menggaungkan Forsa, khususnya Forsa Kuningan. Seiring perjalanan karier di MC, beliau juga mengisi materi pada acara Keprotokoleran melalui forum Gema Remaja Mesjid Syiarul Islam Kuningan.

September 2020 silam, Teti Maryati juga masuk dalam jajaran *DEWAN KEBUDAYAAN KABUPATEN KUNINGAN* pada divisi Pengembangan Kesenian.
Keberadaan beliau sebagai anggota Dewan Budaya di Kabupaten, tentunya karena kapabilitasnya di dunia seni, dimana sebelumnya juga beliau aktif pada kegiatan pembahasan Kearifan Lokal yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan politik (Kesbangpol) Kuningan.

Setelah Forsa Kuningan memiliki Group Musik sendiri dengan nama *Forsa Music* yang sudah memiliki ijin dari Disparbudpora, Teti Maryati bergabung di Paguyuban Pimpinan Seni. Hal tersebut tentu memudahkan untuk berkoordinasi dengan rekan -rekan pimpinan group.

Teti Maryati dalam pengembangan Forsa music Kuningan, tidak tanggung – tanggung,
Beliau yang mengarang Koreo untuk penampilan *Rhompal ( Rhoma Palsu)*, melatihnya sampai kompak disetiap penampilan, tanpa memperhitungkan pengorbanan tenaga dan materi, terutama untuk kegiatan latihan yang memakan waktu berminggu -minggu bahkan berbulan bulan. Sampai saat ini sudah 27 Lagu Rhoma Irama yang berhasil diciptakan Koreonya untuk Perform Rhompal pada Forsa Music.

Beberapa kegiatan akbar yang diprakarsai bersama jajaran KSB (Sahuri, M.Pd. dan Jumri, S.Pd. M.Pd.) diantaranya :

1. Tahun 2016 mengadakan *Rhoma Irama Idol* yang diselenggarakan di Kuningan untuk wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan) berjalan sukses. Dalam acara Rhoma Irama Idol yang dilaksanakan 3 hari berturut turut tersebut ternyata hadir beberapa peserta diluar Ciayumajakuning, seperti Brebes, Tegal, Tasik, bahkan ada dari Tanggerang.
Pada acara tersebut hadir ketua DPP Forsa Pusat H. Surya Aka Syahnagra, Ketua DPW Jawa Barat Yan Budiana.
Kegiatan tersebut menghabiskan dana 60 juta dalam 3 hari, beberapa diantaranya sumbangan anggota, sponsor dan yang luar biasa dalam kegiatan tersebut Ketua, Sekretaris, Bendahara menyumbang masing-masing 12 juta per orang.

2. Setiap tahun Forsa Kuningan tampil dalam acara Karnaval Budaya dan semarak seni Daerah, hal tersebut untuk lebih memasyarakatkan Forsa Kuningan.

3. Kegiatan – kegiatan sosial lainnya seperti Donor Darah, santunan Yatim Piatu, bantuan pada masyarakat yang terkena bencana beberapa kali terlaksana dalam serangkaian kegiatan Forsa Kuningan.

Kerjasama dan motivasi dari Pembina, Bendahara, Sekretaris, Rhompal, Musisi, Singer, Anggota Forsa Kuningan menurut Teti Maryati, merupakan satu kesatuan yang membesarkan nama Forsa Kuningan.

Oktober 2020.

Husnu Mufid jurnalis citizen menaramadinah.com