Kenangan Terindah Tak Kulupakan : PLP 2 FTK UINSA di RA Darunnajah Sidoarjo

Oleh : Yunita Anggereni Puspita Sari


Sudah 2 bulan berlalu, kegiatan rutin mahasiswa yaitu PLP II telah selesai kami jalani. Kami yang merupakan Mahasiswi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya dengan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) berhasil menyelesaikan program kegiatan ini dengan lancar tanpa halangan suatu apapun. Kami kelompok yang terdiri dari 8 Mahasiswi PIAUD yaitu : Yunita Anggereni Puspita Sari, Ismawati, Mira Fata Reginata, Mutiara Ramadhan, Sonya Oppie Andarista, Annisa Fitri Anggraini, Vivi Andriani dan Diajeng Ristina Melynda melakukan kegiatan PLP II ini di RA Darun Najah Kloposepuluh-Sukodono-Sidoarjo. Dengan bimbingan Bapak Yahya Aziz,M.Pd.I selaku Dosen Pembimbing Lapangan kami, alhamdulillah kami selalu dimudahkan segala urusannya.

Pertama kali kami mendatangi RA Darun Najah, kami sudah merasakan betapa hangatnya kekeluargaan di RA Darun Najah, kami sangat merasa senang dan bersyukur bisa diterima dengan sangat baik oleh kepala sekolah, guru pamong dan juga guru2 yang lain di RA Darun Najah. Kesan pertama kali yang kami rasakan ketika mengetahui guru2 pamong kami adalah, senang, bersyukur diberikan guru pamong yang sabar, telaten dan bersedia membimbing kami dengan sangat baik. Kesan yang kedua adalah apa yang kami rasakan ketika melaksanakan PLP II ini secara daring maupun luring. Memang spesial, kegiatan PLP II ini yang seharusnya kami laksanakan dalam keadaan normal, mengajar anak-anak secara langsung, mengikuti kegiatan-kegiatan RA tidak bisa kami rasakan pada PLP II tahun ini, dikarenakan dunia tengah merasakan pandemi virus covid-19 yang mengharuskan anak-anak melakukan pembelajaran secara daring maupun luring. Namun itu semua tidak menghalangi semangat kami untuk tetap memberikan pembelajaran dengan baik kepada anak-anak. Kami senang karena ternyata anak-anak dan orang tua dapat menerima kedatangan kami dengan sangat baik. Anak-anak juga terlihat sangat senang bertemu dengan kami yang sudah mereka anggap guru mereka sendiri. Senang bertemu dengan mereka yang mempunyai karakter berbeda-beda.

2 Bulan lamanya melaksanakan PLP II di RA Darun Najah namun rasanya hanya sebentar, kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 19 agustus-14 Oktober 2020 dan tiba saatnya guru2 melepas kami. Dengan acara penutupan yang telah kami rangkai sedemikan rupa, dan dihadiri langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan kami Bapak Yahya Aziz,M.Pd.I, alhamdulillah kami telah selesai, acara penutupan berjalan dengan khidmat karena diiringi oleh tausiyah dan dzikir bersama yang dipimpin oleh beliau sendiri berlangsung dengan hikmat dan rasa haru guru2 dan mahasiswi. Ada pertemuan pasti juga ada perpisahan, tetapi kami memaknai ini dengan sebutan pelepasan, karena tidak menutup kemungkinan bahwa silaturrahmi ini akan tetap berlanjut sampai kapanpun.

Kesan yang 3 yaitu alhamdulillah kami bisa berkunjung ke rumah Dosen Pembimbing Kami kemarin sore Senin 19/10/2020 pukul 16.00 sore. Sebagai ucapan terimakasih kami karena beliau telah berhasil membimbing kami dengan penuh sabar sehingga kami dapat menyelesaikan segala jenis laporan dengan lancar dan tepat waktu. Tidak hanya itu, kami juga mendapatkan kenang-kenangan buku yang ditulis sendiri oleh beliau yaitu buku : 1. Manis Pahit Tabatnya Peselingkuh 2. Para Kyai Pejuang Kemerdekaan, dan 3. Materi Dzikir Penyejuk Hati. Mashaallah, insyaallah semua buku-buku yang beliau berikan dapat bermanfaat dan dapat kami amalkan dalam kegiatan sehari-hari.

Terimakasih untuk semua pihak yang bersangkutan, Bapak Yahya Aziz,M.Pd.I, Ibu Amrini Rosyidah,S.Pd selaku Kepala Sekolah RA Darun Najah, Ibu Sri Muhandayani,S.Pd selaku Guru Pamong Kelompok A, Ibu Siti Hudzaifah,S.Pd selaku Guru Pamong Kelompok A, Ibu Nuril Ashofiyah,S.Pd selaku Guru Pamong Kelompok B, Ibu Susi Indrawati,S.Pd selaku Guru Pamong Kelompok B yang telah membimbing dan memberikan ilmunya kepada kami.
Terima kasih kepada ibu Dr. Mukhoyyaroh dan ibu Ratna Pangastuti, M.Pd.I kajur dan sekjur yang selalu memberi motivasi kepada kami untuk semangat belajar di kampus FTK UINSA.

Terimakasih kepada semua murid dan orang tua RA Darun Najah yang telah menyambut dan menerima kami selama kami memberikan pembelajaran kepada anak mereka.
Dan terimakasih juga saya pribadi ucapkan kepada teman-teman Kelompok yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk menyelesaikan kegiatan PLP II ini. Semoga persaudaraan ini tetap terjalin sampai kapanpun.
*Mahasiswi Semester 7 Jurusan PAUD FTK UINSA, pembaca setia menara Madinah com*