Kesan & Pesan Mahasiswi FTK UINSA Terhadap PLP 2

Oleh : Yahya Aziz.


Setelah selesai mengikuti program PLP 2, para mahasiswi kami ajak dialog, bagaimana pesan dan kesan mengikuti PLP 2, praktek mengajar anak anak paud di R A Darunnajah Keloposepuluh Sidoarjo mulai 19 agustus – 14 oktober 2020.
8 mahasiswi bimbingan kami ( Yunita Anggeriani, Ismawati, Mira Fata, Mutiara Ramadhan, Sonya Opphi, Annisa Fitri, Vivi Andriani dan Diajeng Ristinia ), kami ajak dialog dari hati nurani yang dalam, apa pesan dan kesan anda selama mengikuti kegiatan PLP 2 praktek mengajar di R A Darunnajah.
Kesan dan pesan Anda semua selama praktek mengajar dengan pembelajaran baik daring maupun luring, kesan bersama guru guru pamong dalam pembelajaran, dan kesan selama kegiatan di sekolah : mulai pembukaan dan penyerahan sampai acara penutupan dan perpisahan.
1. Kesan Pesan dari Yunita Anggeriani
Kesan saya selama mengikuti kegiatan pembelajaran daring dan luring, saya bisa menjumpai anak anak dengan berbagai karakter dan penanganan yang berbeda-beda. Awalnya sangat sulit untuk beradaptasi dengan mereka, karena mereka juga tidak mudah untuk bertemu dengan orang baru.
Namun demikian hal itu menjadikan saya pribadi untuk bersemangat mengajar agar lebih dekat seorang murid kepada guru nya.
2. Kesan dan pesan dari Sonya Opphi Anderesta.
Kesan saya selama mengikuti program PLP 2 di R A Darunnajah Keloposepuluh, saya senang saat mengikuti kegiatan luring dan home visit karena dari situ saya jadi mengenal karakter peserta didik. Dari sini saya bisa mengetahui ternyata anak anak RA Darunnajah banyak yang hebat dan cerdas.
Selama praktek mengajar, kami dapat ilmu dari guru guru pamong yaitu cara membuat perangkat pembelajaran ( RPPH RPPM)
Pesan saya terhadap madrasah R A Darunnajah, tetaplah menjalin silaturahmi walaupun kita jarang bertemu bahkan tidak bertemu.
3. Pesan dan Kesan dari Ismawati
Selama mengikuti program PLP 2, kami dapat mengetahui pembelajaran yang baik dan efektif secara daring maupun luring.
Alhamdulillah selama kami mengikuti PLP 2, kami para mahasiswi Paud FTK Uinsa, dianggap sebagai keluarga untuk berjuang bersama sama membantu dalam mendidik anak anak.
Saya juga berpesan semoga silaturahmi ini dapat berlanjut sampai akhir hayat.
4. Kesan dan pesan dari Diajeng Ristinia
Selama pembelajaran berlangsung baik daring maupun luring, saya mendapat ilmu pengetahuan baru dari sekolah, ibu guru, wali murid dan anak anak yang sebelumnya belum pernah dilakukan, seperti pembelajaran daring :
Dapat bertemu dengan mereka, berdoa bersama, mengikuti pelajaran, tertawa bersama, dan bahagia bersama.
Melalui pembelajaran daring, luring dan kunjungan ke rumah kami dapat bersilaturahmi dengan wali murid dan mengenal lebih dekat dengan karakter peserta didik, sehingga bisa berkomunikasi dengan baik.
5. Pesan dan Kesan dari Kepala Madrasah dan guru pamong.
Kepala madrasah R A Darunnajah Keloposepuluh ibu Dra. Amrini Rasyidah beserta guru guru pamong, anak anak PLP 2 FTK UINSA sungguh semangat semua selama mengikuti praktek mengajar.
Untuk itu, madrasah kami membuka pintu selebar-lebarnya, silahkan setelah lulus dari FTK Uinsa, untuk mengajar di lembaga kami.
Itulah kesan dan pesan mahasiswi bimbingan kami beserta kepala madrasah dan guru guru pamong RA Darunnajah Keloposepuluh Sidoarjo, tidak terasa 1 bulan lebih berkumpul dan ketika hari terakhir perpisahan kemarin, semua nya meneteskan air mata.
Semoga RA Darunnajah Keloposepuluh Sidoarjo tambah maju dan berkembang. Dan 8 mahasiswi bimbingan kami cepat lulus, sehingga bisa kembali ke masyarakat, ilmunya bermanfaat bagi agama dan bangsa….
Barakallah…
Dosen FTK Uinsa, penulis tetap menara Madinah com dan buku para kyai pejuang kemerdekaan.