Desain Baju Toga Dibuat Seorang Muslimah

 

Siapakah yang mendesain baju dan topi Toga yang selalu digunakan pada saat wisuda? Mengapa pula topi Toga tersebut berbentuk kotak ? Berikut ini laporan Andy Priyono.

Yang mendesain baju dan topi tersebut adalah Fatimah Al Fihri .  Mengapa topi Toga itu berbentuk kotak?

Karena Fatimah ingin siapa pun yang menggunakan topi tersebut sewaktu diwisuda, akan selalu ingat akan Baitulloh atau Ka’bah di Makkah al Mukaromah, yang berbentuk kotak dan berwarna hitam tersebut.

Ya, bentuk Ka’bah yang kotak itulah yang mengilhami Fatimah ketika mendesain topi toga yang hingga kini masih dipergunakan para wisudawan/wati.

Tapi, siapakah Fatimah Al Fihri tersebut?

Fatimah adalah Muslimah ahli Matematika dan Tafsir Al Qur’aan dan Hadits yang mendirikan universitas pertama di dunia, Universitas Al Qawariyyiin, di kota Fez, Maroko.

Dicatat di buku Guinness Wolrd Records 1989 bahwa Universitas tersebut adalah Universitas pertama, dan tertua di dunia.

Lebih tua daripada Al Azhar di Mesir (tertua kedua).

Jauh lebih dulu, sekitar 700 tahunan sebelum Oxford, Cambridge, Universitas Paris, Sorbonne, Leiden, dst. Apalagi jika dibandingkan MIT, Yale, Harvard, Carnegie-Mellon, Cornell, UCLA, Tokyo University, UI, UGM, ITB, IPB, ITS, Unair, Narotama, Gunadarma, Trisakti, dst.

Sempat vakum, kini diaktifkan kembali.

Universitas yang berawal dari bangunan masjid tersebut dibangun selama 2 tahun (859 – 861 M).

Menurut sebuah riwayat, selama pembangunannya berlangsung, Fatimah selalu menjalankan ibadah puasa sunnah. Maa syaa Allaah.

Ilmuwan-ilmuwan dunia yang merupakan Alumni Universitas tersebut, di antaranya Ibnu ‘Arabi, Ibnu Bajjah, Ibnu Khaldun, Abdullah Al Ghumari, dan lainnya.

Bahkan seorang mahasiswa non muslim bernama Gerber dari Auvergne yang kelak menjadi Paus Silvester II di Vatikan, pernah menjadi mahasiswa di Universitas tersebut

Itulah sekelumit riwayat tokoh besar yang selama ini macam terlupakan: Fatimah Al Fihri yang lahir di Qairrawwan, Tunisia, pada 800 M dan meninggal pada 880 M di kota Fez, Maroko.(MR)

Bacaan lanjutan:

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Universitas_Al-Qarawiyyin
https://m.republika.co.id/berita/pvhg9k313/mengenal-fatimah-alfihri-pendiri-uni