4 Wanita Tangguh Dalam Sejarah Islam

Oleh : Ratna Pangastuti.


Buku karya Akram Ridha yang berjudul : “The Greatest Women In Islamic History” yang judul aslinya adalah Alkaamilaat Alarbaah wa Afdhol AnNisa, ( Wanita Wanita Terbaik Dalam Sejarah Islam ) sungguh menarik untuk dikaji dan diteliti.
4 Wanita sempurna adalah : empat orang wanita yang disebutkan oleh sejarah dan kekal dalam sebutannya. Nabi Muhammad Saw sampai mengharumkan nama mereka dalam berempat dalam satu hadits.
Banyak riwayat hadits yang menyebutkan mereka berempat. dari sekian banyak riwayat itu, diantara ciri ciri mereka adalah :
1. Bahwa mereka adalah wanita penghuni surga yang paling utama, disebutkan dalam hadits riwayat Ahmad dalam kitab Almusnad juz 1 hadits nomer 2536.
2. Wanita terbaik di seluruh dunia, disebutkan oleh Albani dalam kitab sohih aljami’ hadits nomer 3328, dan ia berkata hadits ini shahih.
3. Cukuplah pelajaran bagimu dari wanita semesta alam, dalam hadits Tirmidzi dalam kitab sunan Tirmidzi dalam kitab manaqib no 3813.
Rasulullah Saw bersabda :
Yang sempurna dari kalangan laki-laki itu banyak, sedangkan dari kalangan kaum wanita tiada yang sempurna kecuali Asiyah binti muhazim istri Fir’aun dan Maryam binti Imran,
Sayyidah Khadijah dan Fatimah binti Muhammad dalam riwayat yang lain.
1. Asiyah istri Fir’aun dia adalah Asiyah binti muhazim istri Ramses II ( Fir’aun yang hidup di zaman musa ).
Dialah wanita mulia yang menyelamatkan dan memelihara nabi Musa as hingga tumbuh dewasa. Dialah wanita yang sangat mulia beriman kepada Tuhan Musa as di tengah tengah kekerasan dan kekejaman raja Firaun yang dlolim. Dialah wanita yang tegar membawa iman menghadap Allah SWT dengan meninggal tersenyum ketika disiksa oleh raja Firaun suaminya sendiri.
2. Maryam binti Imran, dialah ibunda nabi Isa as, seorang wanita yang menghibahkan dirinya untuk beribadah kepada Allah SWT. Dialah wanita mulia yang mendapat kehormatan ditiupkan ruh kedalam rahim nya. Kemuliaan sekaligus sebagai ujian hidup baginya. Mengandung dan melahirkan nabi Isa as tanpa disentuh seorang laki-laki pun. Dialah wanita yang sabar, tegar menghadapi cercaan hinaan dan hoax dari orang orang Yahudi. Dialah wanita yang melahirkan tokoh besar bernama Isa As.
3. Khodijah binti khuwalid, dia adalah wanita pertama yang menjadi tambatan hati Rasulullah Saw, seorang pengusaha sekaligus istri dari penutup para nabi. Keteguhan, ketegaran dan kesabaran nya selalu mendampingi sang suami dalam mengemban tugas besar Rasulullah Saw tiada tertandingi.
Dukungan dan pengorbanan nya luar biasa.
4. Fatimah Az-Zahra, dialah putri Rasulullah Saw, seorang anak taat pada suami dan setia kepada ayahnya dalam berjuang untuk islam. Dialah yang selalu membersihkan pedang Rasulullah Saw ketika usai berperang.
Merekalah sebaik-baiknya perempuan dibelakang kaum lelaki : menguatkan, melindungi, mendermakan dirinya, mencurahkan segenap kesungguhannya dalam menegakkan syariat agama dimuka bumi.
Keempat wanita Solihah itulah yang disebutkan Rasulullah Saw dijamin masuk surga, mereka juga wanita wanita terbaik di semesta alam.
Ala kulli haall, jika Anda seorang wanita dengan segudang problematika kehidupan sehari-hari yang penuh dengan fitnah, ujaran kebencian dari mana pun…. teladanilah empat wanita Solihah di atas, insya Allah surga jaminannya….
Barakallah…. Wallahu A’lam Bissowab
Penulis : Dosen Psikologi Wanita FTK UINSA dan pembaca setia menara Madinah com.