Raja Caruban Nagari Hadiri Haul Jam’iyyah Hadiyu Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon

Oleh : H. SUJAYA.

RAJA CARUBAN NAGARI HADIRI HAUL JAM’IYYAH HADIYU DI PESANTREN BABAKAN CIREBON. Pada hari Sabtu tanggal 29 Pebruari 2020 Sri Raksabuana Kusuma (Kiageng Macan Putih) Drs. H. PC. Muhammad Muslim MP (Raja Caruban Nagari Ke-8) dari KERATON PAKUNGWATI Caruban Nagari Cirebon Trah Padjadjaran dengan didampingi oleh MANGGALA YUDHA Wilayah Cirebon Barat (Raden Sukartono), turut menghadiri acara Haul Jam’iyyah Hadiyu di Pondok Pesantren Babakan Kecamatan Ciwaringin Kabuaten Cirebon, atas undangan kehormatan dari KH. Zamzami Amin pengasuh Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin Kabupaten Cirebon.
Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin ini adalah pesantren pertama yang dibangun sejak dimasa penjajahan Belanda oleh Pangeran Jatiraga (Kiai Jatira), untuk merintis dan membangun kekuatan pemberontakan melawan penjajahan Belanda dalam perang Kedongdong di Cirebon Barat yang mengakibatkan Belanda menderita kekalahan dan kurugian yang sangat besar, sehingga Pesantren ini disebut BABAKAN yang artinya babak- babak (babak kiasa) atau merintis.
Semoga dengan kehadiran Raja Caruban Nagari dan atas nama keluarga besar KERATON PAKUNGWATI Caruban Nagari Cirebon Trah Padjadjaran ini bisa menjadi wasilah untuk mempererat tali silaturahim antara Keraton Pakungwati Cirebon dengan seluruh keluarga besar Pondok Pesantren Babakan Ciwaringan dan juga sebagai upaya napak tilas atas jasa- jasa perjungan dari Pangeran Jatiraga (Kiai Jatira), terimakasih selamat berjuang dan Salam… satu nagari MERDEKA…!!!