Sejarah Pengobat Kraton (I-PK-N) sebagai Bangsawan Keraton di Nusantara

Menurut sejarah dan peradaban di Nusantara bahwa disetiap Keraton atau sebutan lain seperti Istana, Kepaksian, Kedatuan, Kedaton, Pura dan Balai Adat pada jaman dahulu memiliki tim khusus yang anggautanya terdiri dari para Pengobat Keraton atau dalam peradaban islam disebut Thabib Keraton. Berikut ini laporan H. Sujaya jurnalis citizen indramayu.

Dimana tim ini diberi tugas khusus untuk memberikan pelayanan Kesehatan dan Pengobatan keluarga Raja dan untuk seluruh keluarga Sentana yang tinggal di disekitar Keraton.
Dan tim Pengobat Keraton (Thabib) ini juga selalu dilibatkan dalam misi peperangan yang disebut sebagai pasukan tim pengobat atau dalam istilah moderen disebut tim Medis, yang mana tim ini juga disebut tim Kemanusian yang diterjunkan dalam medan perang guna untuk memberikan pertolongan dan melindungi para prajurit yang terluka di Medan Perang untuk segera diselamatkan dan diobati, karena dalam aturan perang tim Pengotan (tim Medis) ini tidak boleh diganggu dan dilukai apalagi sampai dibunuh dan para prajuri yang terluka dalam penanganan tim Pengobat (tim Medis) berarti dalam area zona aman dan tidak boleh diganggu oleh prajurit lawan, maka untuk menghargai jasa-jasa perjuangan para Pengobat Keraton (Thabib) ini mereka diakui sebagai Bangsawan Keraton atau sebutan lain seperti Istana, Kepaksian, Kedatuan, Kedaton, Pura dan Balai Adat diseluruh Nusantara.
Untuk itu saya selaku Raja Cirebon yang bertahta Ing KERATON PAKUNGWATI Caruban Nagari Cirebon Trah Padjadjaran dan juga selaku Ketua Umum Ikatan Pengobat Keraton Nusantara (IPKN), menyarankan kepada seluruh anggota IPKN agar berkenan merapat untuk mendapatkan pengakuan dan legalitas sebagai Bangsawan Keraton atau sebutan lain seper Istana, Kepaksian, Kedatuan,Kedaton, Pura dan Balai Adat diseluruh Nusantara, agar anak cucu kita jangan sekali- kali melupakan sejarah dan peradaban para leluhurnya “JAS-MERAH”, terimakasih selamat bejuan dan Salam… satu nagari MERDEKA…!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *