Komisi X DPR RI Kerja sama dengan MPR RI Gelar Acara Sosialisasi 4 Pilar: Berdaulat secara politik, Berdikari secara ekonomi.

Lumajang-menaramadinah-9 Februari 2020 Sebanyak 150 peserta lebih mengikuti kegiatan Sosialisasi empat Pilar kerjasama Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) dengan Komisi X DPR RI. Peserta terdiri dari berbagai komunitas pelaku wisata (Kelompok Sadar Wisata/POK DARWIS), karang taruna, perangkat desa, serta pelaku usaha kecil menengah yang biasa menjalankan usahanya di lokasi wisata.

Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar ini dilaksanakan di Krajan Dua, Selok Awar Awar, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang Jawa timur, Minggu, 9 Februari 2020. Dihadiri oleh H. Muhammad Nur Purnamasidi (Bang Pur), anggota DPR RI Komisi X Fraksi Partai Golkar dan Wakil Bupati Lumajang Ibu Indah Amperawati yang sekaligus keduanya sebagai nara sumber.
Anggota MPR terdiri dari anggota DPR RI dan DPD RI yang dipilih melalui Pemilihan Umum. Sesuai Undang-Undang No.17 tahun 2014, setiap anggota MPR memiliki tugas untuk mensosialisasikan empat Pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yakni Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara. Ungkap Bang Pur mengawali materi sosialisasi.
Lebih lanjut Bang Pur menjelaskan bahwa ke empat pilar itu merupakan satu kesatuan yang harus menjadi “ruh” sekaligus “nafas” kita bersama sebagai bangsa. Dengan demikian, kita akan menjadi bangsa yang kuat, maju, mandiri atau berdikari secara ekonomi, berdaulat dan bermartabat secara politik. Di samping itu juga tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan perubahan, baik internal maupun eksternal.
Salah satu karakter kita sejak dari dulu itu terkenal sebagai bangsa yang ramah, murah senyum, menjunjung tinggi toleransi dan kuat gotong royongnya, Nilai-nilai ini yang kita jadikan pegangan dan kita jalankan dalam keseharian. Dimaksudkan agar terbangun ekosistem yang kondusif, menjaga hidup bersih, membuang sampah pada tempatnya, menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan di masyarakat, utamanya di sekitar lokasi wisata yang berada di desa ini. Ujar Bang Pur
Sementara itu, Wakil Bupati Ibu Indah Amperawati berharap agar kegiatan ini membawa dampak perubahan yang positif dengan kesadaran dan pemahaman tentang empat pilar. Karena dimulai dari komunitas kecil, lingkungan kelaurgalah, bangsa ini akan menjadi kuat dan Tangguh. Nilai-nilai dan etos semangat empat pilar kita laksanakan dengan disiplin, penuh tanggung jawab sesuai porsinya dengan sebaik-baiknya. Om Fergie. Aliyanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *