Parenting Islamic (1) : Agar Suami Lebih Setia & Tidak Selingkuh

Oleh : yahya aziz

Menarik sekali ungkapan mutiara hikmah di sebuah toko buku : ” Sekolah paling utama dari anak anak kita adalah RUMAH KITA, mungkin anak anak kita sekolah di tempat yang BAGUS, tapi perlu dipahami semua bahwa RUMAH KITA adalah sebenar benarnya SEKOLAH, AYAH dan IBUnya yang menjadi guru-guru kita”.
Secara tidak langsung mutiara hikmah di atas memberi nasihat bahwa keutuhan berkeluarga pasangan suami istri menjadi guru dan teladan bagi anak anak kita.
Apalah artinya anak-anak kita belajar di sekolah unggulan, tapi orang tua nya tidak mampu menciptakan kedamaian dan ketenangan hati anak. Kasus seorang selebriti terkenal dimana anak anak nya memusuhi orang tua nya, karena mereka terlibat kasus perselingkuhan sehingga anak-anaknya merasa malu dihadapan teman teman nya di sekolah.
Membangun rumah tangga yang SAMAROH (sakinah mawadah warohmah) bukanlah perkara yang mudah. Ada banyak batu kerikil yang harus dilewati termasuk masalah PERSELINGKUHAN. Terlebih lagi di tengah canggih nya perkembangan teknologi, kesempatan untuk selingkuh lebih mudah lagi.
Survey membuktikan, walaupun dalam kondisi pandemi CAVID 19 CORONA, angka gugatan cerai di pengadilan meningkat, dan rata rata disebabkan oleh cinta segitiga.
Alhamdulillah telah terbit buku karya Riza Rismawati yang berjudul ” Amalan-amalan ISTRI agar Suami Semakin Sayang, Setia dan TIDAK SELINGKUH. Terbit 1 Januari 2020, penerbi Araska Yogyakarta, tebal 236 halaman.
Penulis buku ini adalah ibu rumah tangga yang energik, produktif menulis, asli kelahiran kota Nganjuk dan alumni MAN unggulan Pesantren Tambak Beras Jombang.
Buku ini melengkapi buku kami yang pertama terbit 2013 dan sudah cetak 3 kali (2016), Manis Pahit Taubatnya Peselingkuh. Jika dibuku kami membahas tentang perselingkuhan secara global dan ada bab khusus yang membahas 15 langkah menuju keluarga bahagia agar dijauhkan Allah dari dunia perselingkuhan. ( MTSP 2016:161)
Maka buku beliau, memberi nasehat dan motivasi kepada seorang ISTRI, agar selalu mohon kepada Allah agar suami tidak tergoda untuk berselingkuh.
Sebab, sebagian kaum SUAMI yang memiliki kelebihan harta, jabatan dan uang, ujian terakhir adalah wanita. Dengan keadaan demikian, banyak kaum suami tak tahan godaan, akhirnya tergelincir ke dalam lembah perselingkuhan.
Buku ini hanya terdiri dari 2 bab, tidak ada kesimpulan dan didahului dengan pendahuluan dengan nasehat motivasi : ” Agar Disayang Suami, Jadilah Istri Salihah…!
Bagaimana kriteria mendapatkan predikat ISTRI SOLIHAH ?, beliau menganjurkan untuk kaum istri agar mengamalkan ajaran agama secara ISTIQOMAH, agar suami lebih sayang, setia dan tidak selingkuh.
Yang pertama adalah amalan amalan UBUDIYAH yang terdapat dalil hukum yang mendasari nya, diantara nya adalah : menjaga wudhu, bersedekah, silaturahmi, Salat tepat waktu, bersholawat, membaca Alqur’an dan lain lain nya. ( hal 18-121)
Yang kedua berupa amalan amalan berupa perbuatan ( Fi’liyah), diantara nya adalah :
Memasak makanan kesukaan suami, mengajak suami bercanda, tampil cantik dan seksi untuk suami, memahami dan menerima kekurangan suami dan lain lain nya. ( hal 126-229 ).
Ala kulli hal, buku ini sangat tepat untuk para istri yang sedang galau dengan masalah rumah tangganya. Dengan memohon kepada Allah SWT, melalui amalan amalan yang dijelaskan dalam buku tersebut, semoga sang suami akan semakin besar cintanya, setia sampai akhir hayat dan tidak selingkuh. Dan yang mampu memisahkan hanya MAUT…..
Barakallah…..
Wallahu A’lam Bissowab….
“Y A”, Dosen FTK UINSA,Guru Ngaji Majlis Ta’lim & Penulis buku Taubatnya Peselingkuh.