PERKEMBANGAN LSM DI INDONESIA

Oleh :
Samsul Hadi SH

Bertumbuhnya ormas dan LSM di tanah air akhir akhir ini, cukup menjadi perhatian banyak kalangan.
Baik para aktifis , masyarakat umum maupun kalangan eksekutif pemegang kebijakan serta stake holders lainnya.

Seorang pengamat dan juga penggiat LSM yang bermarkas pusat di sekitar istana menuturkan, sejak digulirnya regulasi/ konstitusional tentang keormasan , maka ormas dan LSM di tanah air bertumbuh subur bak jamur di musim hujan.

Kelahiran dan kehadiran LSM sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat tentu perlu disambut gembira dan positip tinking. Sebab mereka merupakan aktualisasi simpul simpul suara masyarakat yang ingin menjadi bagian dalam proses berbangsa, khususnya dalam hal penyeimbang aspirasi , pengontrol sosial sekaligus penguatan, pembelaan dan peningkatan “edukasi literasi” bagi masyarakat, sekaligus pembuka akses partnership dalam.kancah pembangunan.

Hal yang mendasar mengapa LSM bertumbuh begitu subur di negeri ini, karena adanya jaminan Konstitusi, UUD 45 Pasal 28 bahwa Negara menjamin kebebasan warga negara untuk berkumpul, berserikat dan mengeluarkan pendapatnya.
Kebutuhan akan pentingnya aktualisasi, akselerasi peranan warga sipil dalam sebuah negara berkembang, maka LSM dianggap penting sebagai wadah yang legal, terdaftar di Menkumham, Kesbangpol serta terstruktur pengurusnya dengan segala AD/ART/SOP , Visi Missi dan Program turunannya.
Regulasi Berkaitan Ormas/ LSM tertuang dalam UU Nomor 16/ 2017 yang berisikan hal ihwal tentang Organisasi Masyarakat.

LSM sebagai organisasi Non Pemerintah atau NGO ( Non Govertment Organisation memiliki peranan strategis, baik sebagai saluran aspirasi, pembinaan, pendampingasn pembelaan , social balancing, sosial kontrol dan agen perubahan sosial serta pendobrak stagnansi keadilan dan pendukung prinsip prinsip clean goverment dan good goverment.

Beberapa Nama LSM.yang ada di Indonesia baik di ibukota Jakarta maupun di Kota kota Propinsi di Indonesia ( termasuk di Makassar Sulawesi Selatan ?) antara lain :
LSM LIPAN
LSM DUTA INTERNASIONAL
LSM PEDULI
LSM GANN
LSM PENJARA
LSM PERS
LSM GEMPITA
LSM PERBATASAN NUSANTARA
LSM PERAK
GABUNGAN LSM + LBH ( GALLI)
LSM KPK
LSM GMBI
LSM GANENDRA Dharmapala Cendana
LSM BPPI
LSM PP3TKI
Dll…

Selamat berjuang , para aktifis di seluruh tanah air.
Selamat berlomba lomba dalam amal kebajikan.
Semoga Alloh SWT semantiasa melimpahkan rahmat kesehatan, kesuksesan dalam segala aktifitas.

Mari wujudkan negeri ini, negeri yang aman damai, menuju terwujudnya Adil berkemakmuran dan makmur berkeadilan.
Negeri yang baldatun toyyibatun warobbun ghofur.

*Akfifis Pers, Penggiat LSM.
*NewsBidikMedia.Com
*MenaraMadinah.Com