Menerbitkan Majalah Alumni @ccess dari Jember

Catatan : Singgih Sutoyo Pemred Majalah @ccess.

Sabtu malam kemarin beberapa pengurus alumni Kauje ngopi bareng di Grand Kafe Jalan Jawa Jember. Yang ikut nimbrung Bos Senyum Media Kholid Ashari, wakil Sekjen Kauje Haji Marthius, wakil Bendum Dr Ni Luh Putu, Sekretaris Bidang PRofesi Satrio Adi, Pemred majalah @ccess Singgih Sutoyo, Wakil Ketua Ka FKIP Dr Slamer Haryadi, ada Lili dan beberapa wartawan melenial Hadi, Wahyu dan Faby, statusnya masih mahasiswa Unej.

Awalnya Waketum Dr Jani Januar dan Wasekjen Dr Agus LUtfi, sedia datang tp menadak ada acara lain.
Ngopi bareng ini juga berubah menjadi informal meeting. Topik yang pertama dibahas soal keberadaan majalah @ccess dan pendirian Koperasi Kauje.

 

Perbincangan akhirnya lebih fakus mengenai keberadaan majalah @ccess. Satrio Budi Adi, wakil Pemred majalah @cces yang kebetulan baru datang dari Jakarta, langsung memberikan paparan pencerahan pada adik2 mahasiswa yang siap memperkuat liputan.

Satrio memgungkapkan secara historis awal kala lahirnya majalah @ccess. Atas ide dia di group WA Alumni, perlunya sebuah media untuk.melakukan branding para alumni hebat yang ada di banyak sektor dan profesi. Perlu lebih dikenalkan, baik kalangan internal alumni.maupun masyarakat yang lebih laus. Perlu jaringan informasi dan komunikasi antar alumni.

Atas ide dan gagasan awal itu, maka ditindaklanjuti dengan membentuk tim.majalah yang difasilitasi oleh Ketua Umum Kauje, Ali Masykur Musa. Setelah beberapa kali pertemuan, maka terbitlah majalah @ccess edisi pertama, kemudian secara periodik terbit pertiga bulan, sampai terakhir edisi 09.

Sekarang ada pemikiran untuk melanjutkan menerbitkan majalah @ccess edisi berikutnya. Dalam diskusi tadi.malam saya selaku Pemred menawarkan gagasan dan pemikiran untuk.menerbitkan majalah @ccess di Jember.
Ada beberapa alasan, pertama, majalah @cces sudah memliliki legalitas dalam bentuk PT. Akses Mediatama Nusantara, yang berkedudukan (akta notaris) di Jember dengan alamat kantor pusat Kauje Jl.Kalimantan Kampus Tegalboto.

Kedua, majalah @ccess dapat memanfaatkan kantor Kauje sebagai kantor redaksi/iklan/sirkulasi. Ketiga, saya dan beberapa pengurus majalah ada di Jember, termasuk Redpel Shodiq Syarif, Wakil Pemimpin Umum Dr Jani Jauar, Wakil Pimpinan Usaha Kholid Ashari dan Dr Agus Lutfi. Ditambah siap.merekrut adik2 mahasiswa untuk memperkuat liputan.

Alasan ketiga, berdasarkan kalkulasi biaya cetak dan operasional, maka hasil riset kami menunjukkan biaya menerbitkan majalah di Jember lebih murah dibanding Jakarta. Dari beberapa alasan itulah, kami berfikir untuk memindahkan majalah @ccess dari Jakarta ke kantor pusat Kauje di Jember. Sedangkan Jakarta akan tetap menjadi bagian, misalnya perwakilan Jakarta,

Husnu Mufid

Jurnalis Citizen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *