Nostalgia Peterpan ,Grup Band Fenomenal Dan Legendaris Asal Bandung

MenaraMadinah.com,Peterpan adalah grup band fenomenal dan legendaris asal Kota Kembang Bandung Jawa Barat yang berdiri pada 1 September 2000,beranggotakan 6 personil yang kreatif dan berbakat dalam bidang musik yaitu Nazril Irham(Ariel) sebagai vokalis,Uki (gitaris ritme) ,Reza(drummer),Andika(keyboardis),Lukman(gitaris utama) dan Indra(bassis).


Nama dan karya Peterpan mulai dikenal publik dan diterima para pecinta musik tanah air sejak lagu “Mimpi Yang Sempurna” yang ditulis vokalis Nazril Irham dimasukkan dalam album kompilasi bertajuk “Kisah 2002 malam” bersama beberapa grup lain yang diproduseri Capung(Personil Java Jive).Penjualan album yang rilis tahun 2002 tersebut telah melampui 150.000 copy.
Ariel dan kawan-kawan yang tergabung dalam Peterpan semakin eksis dibelantika musik Indonesia setelah merilis album”Taman Langit” tahun 2003 dan album”Bintang Di Surga”tahun 2004.
Jadwal manggung mereka semakin padat,baik untuk acara off-air maupun live di stasiun-stasiun televisi.Kemunculan Peterpan menggeser dominasi band-band papan atas yang telah melejit dan lagu-lagunya telah booming seperti Dewa 19,Padi dan Sheila On 7.
Berbagai macam penghargaan bergengsi dalam dunia musikpun berhasil Peterpan raih ,misalnya:
-Rookie of the Year 2002 versi Majalah Hai
-Multi Platinum Award -Album Taman Langit
-Grup Pendatang Baru Ter-Ngetop SCTV Music Award
-Triple Platinum Award ,Album Bintang Di Surga
Eksistensi Peterpan semakin diperhitungkan dan menjadi pembicaraan publik khususnya para pecinta dan pengamat musik setelah Peterpan sukses menggelar konser secara marathon di enam provinsi dalam tempo 24 jam dan tercatat dalam Museum Rekor Indonesia(MURI) tahun 2004.
Patung replika 6 personil Peterpan diresmikan di Museum Nasional Jakarta sebagai apresiasi atas prestasi mereka dalam memajukan dunia musik Indonesia sehingga menginspirasi para musisi dan grup band lainnya.
Pada awalnya Peterpan adalah band yang manggung di cafe-cafe sekitar Bandung seperti 0’hara dan Sapu Lidi.
Berkat produser bertangan dingin Capung (Java-Jive) dari Musica Studio,Peterpan berhasil menjadi band papan atas dengan karya fenomenal dan memiliki jutaan penggemar dari anak-anak sampai dewasa.
Faktor kesuksesan Peterpan juga tak lepas dari lagu-lagu mereka yang mudah dihafal dan mengena di hati para penggemarnya,musik Peterpan yang easy-listening,wajah vokalisnya yang rupawan dan suara khas Ariel dalam membawakan lagu-lagu Peterpan yang bertemakan persahabatan,cinta,romantisme dan hal-hal yang lekat dengan kehidupan ,sebut saja lagu Aku dan Bintang,Yang Terdalam,Sahabat,Mungkin Nanti,Diatas Normal,Bintang Di Surga ,Cobalah Mengerti dan lain-lain.
Lagu”Ada Apa Denganmu” dari kantong album Bintang Di Surga yang terjual lebih dari 3 juta copy menjadi lagu yang sangat booming di tahun 2004-2005 .
Tembang yang liriknya diciptakan Ariel tersebut banyak diputar diradio-radio,menjadi Nada Sambung Pribadi(NSP) banyak pengguna ponsel ,menjadi lagu andalan yang selalu dibawakan Peterpan saat manggung.Para musisi jalananpun tak ketinggalan menyanyikan lagu tersebut.
Perjalanan kehidupan memang tidak selalu sempurna,demikian juga kisah grup band Peterpan.Di tahun 2006,dua personil Peterpan yaitu Andika(keyboardis) dan Indra( bassis) resmi hengkang dari band yang mereka besarkan ,lalu keduanya membentuk band baru bernama The Titans,sedangkan empat personil tersisa yaitu Ariel,Uki,Reza,dan Lukman tetap di Peterpan dan merilis album”Hari Yang Cerah”tahun 2007 dengan dua additional player (pemain tambahan) yaitu David(keyboardis) dan Lucky (bassis).
Pada akhirnya nama Peterpan tidak boleh dipakai lagi oleh Ariel ,Uki,Lukman dan Reza karena ide dari nama grup band yang membawa hoki tersebut merupakan gagasan dari Andika yang telah meninggalkan Peterpan dan bermusik dengan grup band barunya(The Titans).
Tahun 2010 adalah masa kelam bagi vokalis Nazril Irham(Ariel) yang tersandung kasus video asusila hingga ia harus mendekam di LP Kebonwaru Bandung dan membayar denda 250 juta rupiah.
Jiwa bermusik Ariel tidaklah hilang .Dibalik jeruji besi,ayah dari Allea Ananta itu tetap berkarya dengan menulis lagu berjudul”Dara” .
Usai Ariel bebas bersyarat pada 23 Juli 2012,sang vokalis yang hobi menggambar itu meluncurkan band baru bernama NOAH pada 1 Agustus 2012 bersama Uki,Lukman,Reza dan David .
Lagu “Separuh Aku” menjadi pengobat rindu para penggemar Ariel dan kawan-kawan setelah beberapa tahun vakum dari belantika musik .Kebebasan Ariel dan kehadiran NOAH disambut secara antusias oleh para pecinta musik Indonesia dan menenggelamkan popularitas boy band dan girl band yang bermunculan saat Ariel menjalani masa hukuman.
Bro-J 06092020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *