Dinas Kesehatan Jawa Timur Melakukan Monitoring dan Pembinaan Posyandu di Desa Beluk Raja

Sumenep-menaramadinah.come-Hari ini, Kamis (13/8/20) Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur melakukan monitoring dan pembinaan kegiatan posyandu di desa Beluk Raja. Dalam kegiatan ini, turut hadir Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Kepala Puskesmas Ambunten, dan Ketua TP PKK Kecamatan Ambunten mendampingi Kasi Promkes Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan monitoring dan pembinaan ini bertempat di balai desa Beluk Raja dihadiri 105 peserta. “Acara yang berlangsung selama 3 jam, diikuti 105 peserta terdiri dari 45 Lansia, 40 balita dan ibu balita, 20 ibu hamil, ungkap Aqil, tim kesehatan puskesmas Ambunten.”

Kegiatan ini juga dihadiri kepala desa, perangkat desa, TP PKK desa, kader posyandu balita, kader posyandu lansia, bidan desa, dan perawat desa.

Sebelum acara di mulai, semua peserta dilakukan pemeriksaan sesuai dengan protokol covid 19, cek suhu, cuci tangan, dan menggunakan masker.

Menurut Eliya Fardasa, Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, setelah mendapatkan pembinaan, peserta mendapatkan pelayanan imunisasi, diberikan vitamin A, obat cacing, dan dilakukan ukur berat badan.

Dalam Sambutannya, Kadarisman, Kepala Desa Beluk Raja, sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini. “Kami sangat senang karena Desa Beluk Raja adalah satu-satunya desa di kecamatan Ambunten yang mendapatkan
Pembinaan dari dinas kesehatan provinsi, hal ini dapat memberikan motivasi kepada kader posyandu untuk aktif membantu pemerintah desa dalam memberikan pelayanan terbaik kepada warga, ucapnya.”

Lebih lanjut, Bidan Desa Beluk Raja, Mazidatun Naimah menerangkan bahwa Kegiatan Posyandu di desa Beluk Raja rutin diadakan setiap bulan. “kegiatan posyandu yang terdiri dari posyandu balita, kelas ibu hamil, dan posyandu lansia sangat aktif setiap bulan diadakan pertemuan, imbunya.”

Keaktifan kegiatan posyandu di desa Beluk Raja dan pemerintah desa konsisten dalam menerapkan protokol covid19, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, tertarik untuk memberikan pembinaan dan melakukan monitoring kegiatan posyandu di Desa Beluk Raja.

Penulis : M. Santoso