Ini Dia, ALASAN BISNIS UMROH AKAN BANGKIT LEBIH CEPAT

 

Oleh: A. Bajuri (Dirut PT Bakkah)

PREDIKSI IATA (Asosiasi Transportasi Udara Internasional) yang menyatakan bahwa dunia travelling baru akan pulih pada tahun 2024 tidak sepenuhnya benar.

Sebagaimana pernyataan resmi IATA, bahwa ia menarik pernyataan sebelumnya yg menyatakan dunia traveling akan pulih 1-2 tahun. “Dunia travelling baru akan pulih pada 2024,” sebagaimana dikutip AP.

Setidaknya, hal ini tidak berlaku pada perjalanan ibadah umrah dan haji. Walaupun perusahaan biro perjalanan umrah dikategorikan sebagai perusahaan pariwisata (baca: travelling).

Ada beberapa alasan, mengapa perjalanan umrah akan bangkit lebih cepat dibanding dunia traveling.

1. Umrah bukan murni bisnis profit oriented. Ada nilai spiritual ibadah yang merupakan kebutuhan pokok rohani setiap manusia. Jasmani membutuhkan makanan, tapi rohani membutuhkan ibadah.

2. Umrah bukan travelling, bukan wisata, bukan pula belanja. Tujuannya positif untuk berdoa dan mendoakan agar wabah segera dicabut oleh Allah. Seperti juga shalat, jemaah ibadah umrah lebih bisa diseleksi dengan protokol kesehatan. Berbeda dengan traveling yg lebih mengandalkan rekreasi dan hiburan semata, yang cenderung susah dikendalikan.

3. Vaksin corona telah akan diproduksi massal di Indonesia pada Januari 2021. Sejak itu, semangat bangkit dan kepercayaan diri masyarakat yang paranoid dengan pandemi segera pulih kembali. Mereka akan berani membuka diri untuk keluar di tempat umum, apalagi untuk ibadah guna mohon perlindungan dari Tuhan yg maha kuasa.

4. Penerbangan Internasional sudah mulai bangkit pada September 2020. Penerbangan ke Arab Saudi juga sudah mulai dibuka pada Oktober 2020. Meskipun hanya untuk penerbangan komersial, itu sudah menjadi tanda bahwa tak lama lagi penerbangan umrah akan dibuka.

5. Umrah akan bangkit lebih cepat dibanding dunia traveling karena mayoritas jemaah umrah yang sudah mendaftar di 1000 biro perjalanan umrah ternyata tidak melakukan refund atau cancel. Justru mereka yakin dan berharap tetap bisa berangkat dalam waktu dekat, walaupun dengan protokol kesehatan yang ketat.

6. Doa Jemaah Umrah adalah kekuatan yang luar biasa, yang akan menggoyang pintu langit untuk menurunkan bala bantuan. Kita semua yakin, Allah akan mengabulkan doa setiap hamba. Allah juga meridoi bisnis umrah yang mengajak manusia menuju kepada kebaikan dan pendekatan kepadaNya.

Kesimpulannya, bisnis umrah akan bangkit lebih cepat daripada dunia travelling. Saya yakin. **

*) Penulis adalah praktisi umrah dan haji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *