Prosesi Pelaksanaan Pemotongan Hewan Qurban Mushollah Al Ikhlas Jl Jemurwonosari Gang Lebar Wonocolo Surabaya Berjalan Sukses

Surabaya-menaramadinah.com-Prosesi pemotongan daging kurban di Mushollah Al Ikhlas Jemuwonorsari Gang Lebar Wonocolo Surabaya Jumat, 31 Juli 2020.

 

Pelaksanaan prosesi  pemotongan daging qurban dimulai tepat pukul 7.30 wib. Sesuai kesepakatan rapat. Acara dipandu Drs. Husnu Mufid M.PdI dari awal hingga akhir.

Sebagai pembuka acara diawali dengan membaca bismillah dan dilanjutkan laporan jumlah hewan yang akan dipotong pada Idhul Adha tahun  1441 H oleh Drs. Mustaqim Ketua panitia. Disebutkan ada 2 sapi dan 6 kambing.

)

Kemudian dilanjutkan ceramah tentang qurban oleh H. Mustofa Huda, SH, MH. Yang intinya mengikuti jejak Nabi Ibrahim. Agar kita sebagai manusia suka berkurban. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Bapak RT 03 Mas Yanto. Beliau mengatakan, acara qurban ini cukup bagus. Karena menggunakan protokol kesehatan  selama pandemi covid 19 yang masih belum berakhir.

 

Usai sambutan dari Pak RT03 dilanjutkan pembacaan doa oleh Drs. Husnu Mufid, M.PdI yang intinya agar prosesi pemotongan hewan qurban berjalan lancar. Semua penitia dan warga sekitar yang mendengarkan sangat setuju dengan panjatan doa tersebut.

Berakhirnya doa, dilanjutkan dengan acara penyerahan hewan qurban kepada Ketua Panitia Drs. Mustaqim. Satu persatu difoto oleh Mas Yahya. Nampak senang para penyumbang qurban. Suasana jadi bahagia. Anak kecil, anak remaja dan ibu ibu ikut menyaksikan dan tersenyum. Acara jadi meriah.

Usai foto foto, acara istirahat. Sebagian panitia dan pengurus ganti baju. Sedangkan panitia lain bapak bapak mengasah pisau. Sedangkan ibu ibu mempersiapkan timbangan, kresek dan sebagainya. Harapannya akan berjalan sukses.

Tepat pukul 10.00 wib Abah Munir dan anak buahnya datang. Disambut meriah oleh panitia. Karena ditunggu tunggu. Dengan singkat 2 sapi dan 6 kambing berhasil dipotong dengan cepat dan sukses. Langsung dikuliti dan dipotong potong dagingnya. Warga, pengurus dan panitia menyaksikan dan membantu dengan suka cita.

Memang panitia qurban dan tim Abah Munir bekerja dengan cekatan. Hari Jumat bukan masalah untuk melakukan pemotongan hewan qurban. Hal ini karena telah berpengalaman tiap tahun.

H. Ismanto selaku Pembina Mushollah Al Ikhlas dalam pidatonya memberi apresiasi pada kegiatan qurban tahun 2020. Kemudian melihat secara langsung proses penyembelehan  hewan qurban. Dirinya merasa kagum dalam kurun waktu singkat 1 jam bisa selesai 70 persen.

Setelah terpotong semua dimasukkan ke dalam kantong kresek warna putih dan siap dibagikan kepada yang berhak menerima mulai jam 15.00 hingga 17.00 wib. Wargapun berdatangan mengambil sesuai dengan kupon. Satu persatu dibagikan. Pembagian selesai tepat waktu.

Ibu ibu merasa senang. “Sukses acara ini Pak Mufid,”ujar Istri mas Fauzan. Demikian pula dengan ibu yang lain merasa senang dan bembira. Ketua RT02 mas Moh Shoim ikut bergabung menguliti hewan qurban. Sedangkan mas Fauzan sekretaris panitia membantu secara penuh.

bapak bapak juga senang sambil membersihkan benner di tembok dengan semprotan. Seperti dilakukan mas Doni, mas Yanto, mas Pri, mas Fauzan dan sebagainya. Lantai tanah pun dibersihkan dengan air pakai timba oleh mas Hasan dan panitia lain.

Husnu Mufid

Jurnalis Citizen

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *