Pidato Ketua Tanfidziah PCNU Kota Pasuruan

Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Pasuruan Gus H. Mohammad Nailur Rochman menyampaikan 9 Highly Pointed Statement yang menjadi pijakan ideologi dan bentuk karakter pengurus NU di Kota Pasuruan yang dipimpinnya. Berikut adalah Naskah lengkap Pidato beliau, 9 Highly Pointed Statements:

1. Meski anda belum kaya, jadilah pengurus yang bermental kaya. Orang yang bermental kaya akan mudah memberi, mudah mengorbankan sesuatu yang dimilikinya utk kebaikan, mudah mengulurkan bantuan. Orang yang bermental kaya tidak mudah menuntut balasan, tidak mudah mengambil keuntungan pribadi dan tidak akan berani mengorbankan kepentingan bersama. Orang yang bermental kaya, tidak mudah dibeli, tidak mudah dipermainkan hanya dengan iming-iming sesaat yang nilainya murah dan hina. Mari galakkan gerakan Koin NU, mari galakkan semangat utk membantu ummat, mari tingkatkan semangat berkhidmah di NU tanpa mengeluh dan jangan hitung-hitungan! Mbah Wahab dawuh, kalau kamu berjuang utk NU, maka Allah akan mengangkat derajatmu dan Allah akan memberi ganti atas semua yang telah kamu korbankan untuk NU (dawuh ini disampaikan kepada saya oleh KH. Roqib bin KH. Abd. Wahab Hasbulloh).
2. Di dalam urusan kebangsaan, pengurus NU dan KELUARGANYA harus benar-benar sadar bahwa politik adalah lahan untuk berdakwah, bukan main-main. Pengurus harus mengerti bahwa apapun yang kita lakukan, semuanya demi kepentingan NU. NU kuat, ummat akan kuat! NU lemah, nasib ummat akan jadi taruhannya. Maka, pengurus dan kader NU harus 1 komando. Kalau ada pengurus NU yang berani mempermainkan NU, saya kawatir dia akan kecewa dan kualat karena telah mengecewakan Syaikhona Kholil Bangkalan, Rois Akbar KH Hasyim Asy’ari dan para muassis NU.
3. Pengurus NU harus cerdas, mana yang berpotensi akan melemahkan sendi-sendi Ahlussunnah wal Jama’ah an-Nahdliyyah. MWC harus hati-hati, Ranting-ranting harus hati-hati. Sekarang ini, semuanya akan mengaku NU dan mendekat ke NU, tapi hati-hati, jangan sampai kita dikelabui. Kalau sekedar ingin sarung sutera, datang ke rumah saya, saya akan berikan selama anda mau barang yg sdh saya pakai dan selama persediaan masih ada!
4. Anda harus cerdas, kuat dan sabar! NU harus berada di garda terdepan dalam memperjuangkan pendidikan, kesejahteraan dan keadilan sosial. Perjuangan-perjuangan ini akan semakin mudah diwujudkan jika NU mendapat keberpihakan dari pemerintah, jika NU mendapat ruang sinergi yang luas dengan pemerintah. Banyak ruang yg bisa di sinergikan, tinggal ada kemauan dan keberpihakan atau tidak.
5. Maka, sekali lagi, pengurus NU harus cerdas, harus bermental kaya dan harus waspada! Apapun langkah yang kita ambil, perbuatan yang kita lakukan, semuanya harus demi kepentingan NU!
6. Orang yang bersedia berjuang untuk umat, derajatnya tidak lebih rendah daripada orang yang berdzikir di atas sajadah!
7. NU adalah amanat, NU adalah milik umat, NU bukan warisan tapi harus dipertanggungjawabkan, NU adalah titipan anak cucu. NU harus diperjuangkan untuk kemaslahatan umat, jangan berkhianat dan jangan dijual untuk kepentingan sesaat!
8. Jabatan adalah kehormatan. Tapi pengurus NU harus tetap rendah hati. Mendapatkan penghormatan bukan bukti kesuksesan. Menghormati belum tentu karena betul-betul memiliki rasa hormat. Bisa saja orang menghormati kita karena takut, karena diharuskan, karena mereka bekerja untuk kita, mereka butuh sama kita, atau supaya terlihat pantas saja.
9. Prioritas PCNU Kota Pasuruan: Peningkatan Pelayanan Sosial, Memperkuat Sinergi dan Sinkronisasi pengabdian dalam satu barisan. Saya berharap PCNU dapat bermitra secara strategis dengan para stakeholder.

“NU Bishoffil Wahid. Sinergitas, Kemandirian dan Pengabdian dalam Satu Barisan. Itu tema besar yang menghimpun tentang Penataan Konsolidasi organisasi, sinergia kekuatan, kaderisasi dan Gerakan sosial.

miftahul  huda