H. Muhamad Nur Purnamasidi Anggota DPR RI Fraksi Golkar Roadshow Giat Bhakti Sosial dan Serap Aspirasi di Jember

Jember-menaramadinah.com-Kamis, 23 Juli 2020. H. Muhamad Nur Purnamasidi anggota DPR RI Fraksi Golkar yang akrab dipanggil Bang Pur anggota Komisi X DPR RI Dapil IV Jember Lumajang melakukan Roadshow Giat Bhakti sosial dan serap aspirasi.

Kali ini dilakukan khusus kepada Kelompok Sadar Wisata (POK DARWIS) di Desa Suci, Kecamatan Panti serta di Desa Kamal kecamatan Arjasa Jember. Sebelum penyerahan secara Simbolis bantuan Sembako kerja sama dengan kementrian Pariwisata dan ekonomi kreatif kepada Pok Darwis yang terdampak covid 19 , dilakukan Rembug Bersama Anggota DPR RI serta peninjauan langsung ke lapangan tempat lokasi wisata yang sangat potensial untuk dikembangkan dengan sentuhan baru.

Acara dipandu oleh Gus Teguh yang juga merupakan ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta dihadiri oleh kepala Desa Suci, Panti H. Suyuti. Dalam Rembug tersebut Bang Pur mengungkapkan komitmen dan keseriusannya untuk secara bersama kembali menggiatkan sektor pariwisata di Sangga gunung dan Air Terjun Tancak agar bisa bangkit dan memberikan dampak positif pada peningkatan pendapatan daerah serta ekonomi masyarakat sekitar, khususnya Pok Darwis.

“Sektor pariwisata menjadi salah satu tulang punggung dan prioritas Rencana Kerja Nasional pemerintah di masa new normal. ‘ ungkap Bang Pur penuh semangat.

Lebih lanjut dikemukakan bahwa untuk memicu dan memacu geliat sektor pariwisata dibutuhkan kerja sama dan sinergi semua pemangku kepentingan (stakeholder). Mulai dari pembenahan infrastruktur, penyediaan fasilitas sarana dan prasarana, penyedia jasa layanan pariwisata dan yang lainya.

Dan yang paling penting adalah membangun mental masyarakat sekitar agar tumbuh kesdaran untuk terus menerus melakukan inovasi serta kreatifitas. Kenapa ini penting, lanjut Politisi Partai Golkar yang sangat rajin turun ke Dapil ini karena mentalitas warga sekitar sangat berpengaruh terhadap kenyamanan wisatawan baik domestik maupun manca negara.

Trend atau kecenderungan perilaku wisatawan khususnya dari mancanegara adalah wisata khusus. Dimana mereka bisa “menyatu dengan alam” bisa bermalam secara nyaman di rumah penduduk, menikmati kuliner khas setempat secara sederhana. Karena itulah diperlukan sentuhan baru untuk mengkreasinya dalam kemasan yang lebih menarik. Ini yang kita “jual” melalui promosi dengan paket wisata, khususnya untuk wisatawan mancanegara.

Sementara itu, giat terhadap Pok Damas di lokasi desa Kamal kecamatan Arjasa, terdapat destinasi wisata edukasi berupa Situs Duplang yang membuka mata dunia tentang sejarah peradaban kuno, selain di Trowulan mojokerto. Aliyanto Jurnalis  citizen