Motor Zundapp Dulu dan Kini

Oleh : Dr. Zaenal Arifin.
Motor Zundapp, kini menjadi hiasaan. Dulu jangan tanya motor ini hebat kelewat lewat. Tahun 1917, pavrik motor Zundaoo di di rikan di Jerma. Pensirinua Dr Fritz Neumeyer dan Friedruch Krupp AG di Nuremberg.
Keduanya bergabung menjadi nama pabrik di singkat , “Zünder- und Apparatebau G.m.b.H”. Sebagai produsen detonator/bahan peledak. Pada tahun 1919, karena permintaan alat senjata menurun setelah Perang Dunia I, Neumeyer menjadi pemilik tunggal dari perusahaan dan dua tahun kemudian, ia membuat bermacam-macam konstruksi sepeda motor.

Sepeda motor pertama Zundapp adalah Z22 dibuat pada tahun 1921. Iklan of the day menyatakan bahwa sepeda motor adalah “Motorrades für jedermann,” sepeda motor bagi semua orang. Dengan desain yang simple dan dapat diandalkan serta diproduksi dengan berbagai seri.

Sejarah motor Besar Zundappp dimulai pada tahun 1938 dengan K-series. Mereka memperkenalkan bak mesin yang tertutup, yang terbaru pada waktu itu. (K singkatan dari “Kardanantrieb” yakni driveshaft ditutupi dengan dua sendi universal, jenis drivetrain, yang menampilkan model ini). Yang mencakup model seri 200-800 cc dan merupakan keberhasilan besar, meningkatkan Zündapp dari pasar di Jerman dari 5% pada 1931 hingga 18% pada 1937. Dari tahun 1940, Zündapp telah memproduksi lebih dari 18’000 unit dari KS750, sebuah sespan digerakkan dengan sisi roda dan penguncian diferensial untuk Jerman Wehrmacht. (Dari Berbagai sumber).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *