Bandungan Saradan Madiun Adakan Acara Bersih Desa

Madiun.menaramadinah.com,Desa Bandungan,Saradan,Madiun mengadakan acara slametan bersih desa atau nyadran pada Jum’at pon ,26 Juni 2020.Kegiatan nyadran pagi hari dilakukan di dua titik lokasi berbeda yaitu Sendang Pare dan punden utara Pasar Bandungan.

Di Dusun Pare,ratusan warga terdiri dari bapak-bapak,ibu-ibu,remaja dan anak-anak datang berbondong-bondong menuju sendang yang telah dipasangi janur melengkung sambil membawa berkat berisi nasi dan lauk-pauk tahu,tempe,mie,sayuran atau kulupan,daging ayam,telur ,jajanan wajik,jadah,rengginang dan lain-lain.
Para perangkat desa berpakaian surjan khas Jawa ,tokoh masyarakat,Babinsa Bapak Agung,Babin Kamtibmas Bapak Asep menghadiri acara tahunan tersebut dengan antusias.
Tak ketinggalan para anggota Linmas berseragam kaos hijau bertugas dengan sigap menjaga keamanan dan kelancaran acara nyadran.
“Acara bersih desa atau nyadran ini merupakan wujud syukur kita kepada Allah yang telah memberi kita kelimpahan rejeki dan kehidupan damai di Desa Bandungan tercinta.
Namun untuk tahun ini,acara bersih desa sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena adanya Pandemi Covid-19.
Jadi,acara yang melibatkan massa dalam jumlah besar tidak bisa dilaksanakan secara maksimal,tetapi tidak mengurangi essensi nyadran sebagai penghormatan terhadap leluhur yang diuri-uri atau terus dilestarikan “, ujar Kades Bandungan Hudi Utomo dalam sambutannya pada warga di Sendang Pare.
Usai sambutan dari Kades Bandungan Hudi Utomo,Pak Modin Guyoto memimpin do’a bersih desa dengan membacakan do’a-do’a permohonan keselamatan,kesejahteraan dan ketenteraman bagi seluruh warga masyarakat desa dan agar Bandungan menjadi sebuah desa yang gemah ripah loh jinawi,tata tentrem karta raharjo.
Kontributor:Bro J,26062020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *