Temuan ODCB Arca Kala di Tulungagung

 

Tulungagung-menaramadinah.com-Hari ini Tim cagar Budaya Tulungagung mendampingi Kasi Pelestarian Museum dan Purbakala Dinas Budpar Tulungagung meninjau temuan Obyek Diduga Cagar Budaya (ODCB) Arca Kala. Awalnya info temuan ini dari laporan komunitas Asta Gayatri. Arca kala sejumlah 2 buah yang terdapat di lahan milik Ibu Sunarmi (40 th) dan di lahan milik Bapak Suprabdi (85 th) berada di Dusun Krajan, Desa Sidorejo, Kecamatan Kauman – Tulungagung.

Adapun Arca Kala yang terdapat di lahan milik Ibu Sunarmi berukuran Tg. 110 cm, Tb. 134 cm dan Tb. 30 cm. Kondisi sebagia wajah telah hilang. Terbuat dari bahan batu kapur.

Sedangkan Arca kala di lahan milik Bapak Siprabdi berukuran Tg. 85 cm, Lb. 110 cm dan Tb. 26 cm. Terbuat dari bahan batu kapur. Kondisi bagian wajah hilang.

Menurut Winarto, S.Sos, Kasi Pelestarian museum dan Purbakala akan menindak lanjuti dengan segera melaporkan ke BPCB Jatim. Harapannya agar segera di ketahui tinggalan dari masa kerajaan mana dan apa fungsinya. Haryadi jirnalis citizen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *