Seminar Online Peta Jalan Kebangkitan Ekonomi Pasca Covid-19

jember-menaramadinah.com-Selasa, 16 Juni 2020 telah diselenggarakan webinar series yang bertajuk Peta Jalan Kebangkitan Ekonomi Pasca Covid-19. Acara seminar online ini menghadirkan Dr. Ir. Airlangga Hartanto, M.B.A., M.M T selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI. Hadir pula Adhitya Wardhono, S.E., M.Si., M.Sc., Ph.D selaku dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember yang bertindak sebagai pembahas.

Airlangga menyampaikan urgensi dan langkah taktis untuk menggerakkan perekonomian Indonesia pasca pandemi Covid-19. Beliau menegaskan bahwa pemerintah tak ingin pertumbuhan ekonomi Indonesia terperosok menjadi -3,9% pada kuartal II 2020. Maka dari itu diterapkan 4 strategi untuk pemulihan pertumbuhan ekonomi tahun 2020, antara lain implementasi program pemulihan ekonomi nasional, RUU omnibus tentang peciptaan pekerjaan, strategi keluar Covid-19 serta mendorong kemampuan SDM dalam adopsi revolusi industri 4.0-5.0

Paparan oleh Menko Perekonomian ini menyita perhatian banyak kalangan, baik dari akademisi, instansi terkait, para ekonom dan masyarakat. Antusiasme terlihat dari membludaknya jumlah peserta pendaftaran yang mencapai 500 orang.

Acara seminar online ini dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom meeting dan bisa disaksikan secara langsung melalui Youtube channel unej.ac.id. Kegiatan ini merupakan webinar series ke-5 yang telah diadakan oleh Kauje dan berjalan secara berkesinambungan.

Rhoshandhayani K. Taslim

Jurnalis Citizen