Menatap World Class University

Oleh : Dr. Imron Mawardi

Selamat Prof Mohamad Nasih atas jabatannya sebagai rektor Universitas Airlangga 2020-2025. Semoga lima tahun ke depan, Unair semakin baik dan berkontribusi besar
kepada bangsa.
Dalam masa jabatan pertama 2015-2020, Prof Nasih sudah membawa Unair dr rangking 850+ ke peringkat 521-530. Naik sekitar 300 peringkat berdasarkan QS World University Ranking. Bahkan utk beberapa karegori sdh ada di peringkat 200-an dunia.
Employer reputation, misalnya, kini berada di peringkat 272 dan academic reputation ada di peringkat 350. Dua kategori ini menunjukkan bahwa reputasi akademik dan lulusan Unair sudah diakui dunia.
Academic reputation menunjukkan reputasi akademik Unair di mata dunia internasional—utamanya para pakar keilmuan dunia–, dan Employer reputation menunjukkan reputasi Unair dalam dunia kerja dan dunia usaha. Ini artinya, pendidikan di Unair sangat dipercaya oleh kampus-kampus dunia, dan lulusan Unair dipercaya oleh dunia kerja, dan mereka siap menerima lulusan-lulusan Unair di lingkungan kerja mereka.
QS by subject juga sdh menempatkan management science dinperingkat 400-an terbaik dunia.
Ini salah satunya disumbang publikasi di jurnal terindeks Scopus. Jika tahun 2016 setahun hanya 200-an, tahun lalu sudah mencapai lbh 2.000 setahun. Tahun ini, sampai Juni sdh mencapai 1.500 yg mgkn hingga akhir tahun bisa mencapai 3.000.
Selamat, semoga harapan masuk mjd World Class University segera terwujud. Bukan soalnperangkingan, tapi itu akan meningkatkan kepercayaan stakeholder terhadap lulusan Unair di dunia akademik dan dunia kerja.