Monumen Tragedi Ngadiboyo,Lokasi Perjuangan Polri Melawan Serdadu Belanda

Nganjuk.menaramadinah.com,Akhir pekan ini Sabtu 13 Juni 2020,Bro J menuju sebuah desa yang berjarak sekitar 5 kilometer dari pusat Kota Nganjuk yaitu Ngadiboyo,Kecamatan Rejoso,tepatnya di Dusun Turi.
Disebelah selatan eks studio Radio Jodipati FM berdiri sebuah bangunan untuk mengenang usaha perlawanan para anggota Polri terhadap para tentara Belanda pada tanggal 15 April 1949/Agresi Militer.
Bangunan ini disebut Monumen Perjuangan Polri/Monumen Tragedi Ngadiboyo yang diresmikan tanggal 1 Juli 1994 oleh Bupati Nganjuk saat itu Drs.Soetrisno R dan Kapol Kabupaten Nganjuk tahun 1949 Brigjen Pol Purnawirawan A.Wiratno Puspoatmodjo S.H.
Di monumen yang berada dekat persawahan dan tanah lapang itu tertulis keterangan sebagai berikut:
“Disini gugur sebagai kusuma bangsa pada tanggal 15 April 1949 dalam pertempuran mempertahankan kemerdekaan Negara Republik Indonesia melawan tentara penjajah Belanda:
1) AP II Sukatmo
2) AP II Sumargo
3) AP II Mustadjab
4) AP II Musadi
5) AP II Laiman
6) AP II Masidi
7) AP II Sardjono
8) AP II Simin
9) AP II Samad
10) AP II Bagus
11) AP II Saimun
12) AP II Diran/Sogol
**Sekilas Tragedi Ngadiboyo**
Situasi sungguh mencekam di Ngadiboyo tanggal 15 April 1949.Pasalnya pasukan Belanda menggempur markas pejuang polri di Ngadiboyo ,Nganjuk. Personil Polri jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah personil tentara Belanda.Apalagi,persenjataan yang dimiliki polri juga tidak selengkap dan secanggih persenjataan milik serdadu Belanda.
Namun dengan gagah berani Polri tetap memberikan perlawanan.Terjadi kontak senjata yang mengakibatkan 12 agen polisi gugur dimedan laga secara ksatria sebagai syuhada’ dan 3 lainnya mengalami luka-luka .
Salah satu agen polisi yang gugur dalam peristiwa heroik itu adalah Moestajab yang namanya dipakai sebagai nama Rumah Sakit Bhayangkara Nganjuk,diresmikan tanggal 1Maret 2003 oleh Kapolda Jatim waktu itu Irjen Drs.Heru Susanto.
Setiap tahun tepatnya pada peringatan Hari Bhayangkara (1 Juli),Monumen Tragedi Ngadiboyo dijadikan lokasi peletakan karangan bunga mengenang para anggota Polri yang gugur tahun 1949 dan diadakan upacara
oleh Polres Nganjuk beserta pihak-pihak yang terkait.
Kontributor:Bro J
#NganjukKotaAngin#NganjukNyawiji#