Hari ini BLT DD Sidoarjo salur di 173 desa senilai Rp10,113 miliar untuk 16.751 KK

SIDOARJO : Tim Pendamping Profesional Program Pemberdayaan dan Pembangunan Masyarakat Desa (TPP-P3MD) kabupaten Sidoarjo memastikan hingga Kamis (21/5/2020) jumlah desa yang telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) mencapai 173 Desa dengan total penerima 16.751 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), total nilai BLT DD sebesar Rp10,113 miliar.

Pada penyeluran BLT DD pada Rabu (20/5/2020) terdapat 2 kecamatan yaitu Jabon dan Taman yang melakukan proses penyaluran secara serentak dengan masing-masing memiliki 15 desa.

Koordinator Tenaga Ahli TPP P3MD Kabupaten Sidoarjo, Ulul Azmi menyampaikan hingga pukul 13.49 WIB, BLT DD Center Sidoarjo mencatat telah berhasil menyalurkan sekitar 60% desa telah salur dengan nilai Rp10,113 miliar yang menyasar 173 desa dari 322 desa yang ada.

“KPM yang menerima mencapai 16.751 KK dari 19.853 KPM yang saat ini telah diverivikasi. InsyaAllah targetnya BLT DD tahap 1 di Kabupaten Sidoarjo bisa tersalurkan sebelum Hari Raya Iedul Fitri akhir pekan ini,” kata Ulul sebagaimana dikutip dari Siaran Pers TPP P3MD Sidoarjo, Kamis (21/5/2020).

Secara Khusus Ulul memberikan apresiasi kepada Kecamatan Jabon dan Taman yang pada Rabu kemarin (20/5/2020) berhasil melakukan prosesi penyaluran BLT DD secara serentak dengan masing-masing 15 desa yang menyalurkan anggaran yang bersumber dari Dana Desa itu.

“Jabon dan Taman sudah menuntaskan BLT DD tahap 1 nya, semoga kecamatan-kecamatan lainnya bisa segera mengikuti. Terima kasih kepada TPP P3MD Jabon dan Taman, juga pada teman-teman pendamping di kecamatan lain yang hingga kini masih bergelut bertugas tanpa kenal lelah,” ungkap Ulul.

Pendamping Desa Pemberdayaan Kec. Jabon, Ahmad Fauzi menyampaikan pihaknya bersama seluruh TPP P3MD Jabon telah dibantu penuh oleh semua perangkat desa khususnya organ Paguyuban Kades Kec. Jabon serta seluruh staf Kecamatan yang telah bekerja sama dengan bersinergi penuh sehingga seluruh desa bisa salur BLT DD nya.
“Ini kerja bersama, bersinergi bersama sehingga seluruh KPM yang berjumlah 1.693 KK bisa memdapatkan penyalurlan BLT DD. Semoga dana tersebut bisa bermanfaat,” kata Fauzi.

Ketua Paguyuban Kades Kec. Jabon yang juga Kades Tromposari, Syamsul memberikan apresiasinya kepada kinerja TPP P3MD di wilayah Kec. Jabon yang sudah bersama-sama menyukseskan proses penyaluran BLT DD tahap 1 di semua desa di Kec. Jabon.

“Alhamdulillah, BLT DD untuk 15 desa di Kec. Jabon bisa tersalur bersamaan dengan nilai manfaat Rp3,2 miliar lebih yang diterima 1.778 KK. Ini merupakan hasil kerja bareng Pemdesa, Kecamatan dan TPP P3MD semuanya. Terima kasih khusus kepada Pak Azis Muslim selaku Camat Jabon yang telah melakukan verifikasi faktual bagi seluruh KPM BLT DD,” tegas Syamsul saat diwanacarai seusai penyeluran BLT DD di Balai Desa Tromposari, Kec. Jabon, Rabu (20/5/2020).
Secara Khusus Kades Tromposari itu berpesan kepada para penerima manfaat BLT DD agar bisa menafaatkan dana tersebut untuk keperluan yang dibutuhkan, bukan untuk digunakan pada kebutuhan yang tidak perlu.
“Jangan digunakan untuk beli HP, tetapi gunakan untuk keperluan penyambung hidup, kebutuhan-kebutuhan yang punya kemanfaatan tinggi dalam menopang hajat keluarga,” ungkapnya.

Syamsul juga menyampaikan bagi KPM yang menderita penyakit kronis dan tidak bisa hadir ke Balai Desa, pihaknya juga memberikan kemudahan untuk melakukan proses pencairan dengan mendatangi ke rumah-rumah penerima.