WARGA DESA SIDOMUKTI GRESIK PAGARI GAIB Desanya dengan” ILMU KALA CAKRA SYEKH SUBAKIR & Sholawat LI KHOMSATUN”

Rabu pahing, 7 Syaban 1441 H .
Situasi Darurat Wabah / Pagebluk Corona Covid 19 Dikota Gresik menjadikan keprihatinan warga Gresik khususnya warga Desa Sidomukti kec.kebomas Gresik.

Keprihatinan diwujudkan dengan Kegiatan keliling Desa dgn melantunkan sholawat li khomsatun dan Ilmu kalacakra dimaksudkan Agar bencana berupa ketakutan (al-khauf), karena wabah atau bencana alam, kelaparan (alju’), krisis ekonomi (wa naqsin minal amwal), ancaman keselamatan jiwa (wal anfus) serta krisis pangan (wal tsmaarat) tak lebih dari sekadar ujian agar dapat direspon dengan bersikap sabar, tidak panik dan menjadikan kekuatan Muhasabah dengan berikhitiar dan berdo’a untuk dgn berjalan kaki mengitari Desa sidomukti sebagai Pagar Gaib Aman dari Wabah Corona Covid 19.

Alhamdulillah Kegiatan malam ini mendapat respon yg cukup baik oleh Warga Sidomukti,”ujar Gus M.Safii 50th.

Penulis mendapatkan cerita atas keberadaan Desa Sidomukti yg disampaikan Gus M.Safii atas asal muasal Desa Sidomukti sebelum Acara dimulai.

Dalam keterangannya dijelaskan bahwa DESA Sidomukti adalah pusat kesultanan Giri Kedaton / Kerajaan Kanjeng Sunan Giri
Secara administratif desa Sidomukti berada di kecamatan Kebomas, kabupaten Gresik, provinsi Jawa Timur, indonesia.

DESA SIDOMUKTI terdapat beberapa kawasan yang disebut dusun-dusun memiliki peranan penting dalam tata kota kesultanan Giri pada Zaman keemasannya.

sisi selatan Giri Kedaton terdapat Dusun :
Pasar Gede, Alun-alun Contong,
Tambakboyo, dan Kemudinan yg mempunyai perananan masing masing dizamannya.

-Pasar Gede merupakan pusat perdagangan yang sangat ramai karena dekat dengan pusat kesultanan.
-Alun-alun Contong sendiri merupakan tempat berkumpulnya para Sunan serta pejabat kesultanan dalam upaya membaurkan diri sehingga tidak adanya batasan serta mempermudah masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya kepada Sunan maupun jajarannya juga merupakan pusat pemukiman penduduk yang dibuktikan adanya balai desa serta adanya pertigaan sebagai akses utama menuju desa lain.

-Tambakboyo yang dulunya merupakan kawasan pertahanan kesultanan Giri dan dikawasan tersebut terdapat daerah bernama Cumpleng yang berarti tempat mengasah senjata.

-Kemudinan yang berasal dari kata Mudin yang berarti pemimpin umat Islam di daerah, Kemudinan sendiri dulunya merupakan pemukiman yang di diami para mudin serta ulama setempat.

SISI UTARA terdapat dusun Jraganan. Istilah Jraganan merujuk pada sebutan wilayah yang dulunya tempat pemukiman para saudagar kaya atau jeragan yang mayoritas berprofesi sebagai pengrajin logam mulia berupa emas dan sebagai penyokong dana dari keberlangsungan kesultanan

SISI TIMUR dari situs Giri Kedaton terdapat dusun bernama Dalem Wetan yang berarti Istana atau rumah, dan wetan berarti timur. Istilah Dalem Wetan merujuk pada wilayah pemukiman penduduk yang dulunya merupakan lokasi tempat tinggal keluarga Kasunanan atau keluarga besar Kasunanan yang lokasinya berada di wetan “timur”

Kegiatan ini dimulai pukul 00.00 WIB dengan Himbaun Agar warga sidomukti mengantisipasi dan memutus mata rantai virus corona dengan membiasakan diri untuk mencuci tangan, menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, serta memakai masker saat keluar rumah, jika sedang sakit, segera memeriksakan diri ke dokter dan sebagai bentuk ikhtiarnya malam ini, kita berdo’a bersama agar wabah corona segera berakhir dimuka bumi ini ,”ujar.Aba Khoyum 63th juru kunci makam Mbah Jurit.

kegiatan malam ini dengan berjalan kaki bersama melewati Dusun dusun desa sidomukti kebomas Gresik disertai membagikan selembar kertas bertuliskan seperti dibawah ini;

A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim
BIsmillahirraḥmanirraḥim
Asyhadu alla Ilaha illallah wahdahu la syarika lahu, wa asyhadu anna Muhammadan ‘ abduhu warasulluh

Niat :
Ya Allah ..Niat Inson nyuwun berkah dan karomahnya ilmu kalacakra “syekh syubakir Gunung tidar” untuk memutus mata rantai dan hilangnya Virus dinegeri ini .

1-YAMA ROJA…YAMA ROJA- JAROMA YA
siapa yang menyerang, berbalik menjadi berbelas kasihan.

2-YAMA RONI YAMA RONI – NIROMA YA
siapa datang bermaksud buruk, malah akan menjauh.

3.-YAMI DOSA YAMI DOSA SADOMI YA
siapa membuat dosa, berbalik membuat kebaikan

4-YAMI RODA YAMI RODA.-DAROMI YA
siapa memaksa malah menjadi memberi keleluasaan/ kebebasan

5-YASI LAPA YASI LAPA- PALASI YA
siapa membuat lapar akan malah memberi makan.

6-YASI YACA YASI YACA – CAYASI YA
siapa membuat celaka berbalik menjadi membuat sehat dan sejahtera

7-YASI HAMA YASI HAMA -MAHASI YA
siapa membuat rusak berbalik menjadi membangun dan sayang.

8-YADA YUDA YADA YUDA – DAYUDA YA
siapa memerangi, berbalik menjadi damai

Kunci ;
Sirkun,Nurkun,Dzatkun,Dzat maujud
( tahan nafas 3x).

Sholawat li khomsatun

Li Khomsatun, uthfi-u biha
Harrol waba-il hathimah
Almusthofa, wal murtadlo
Wabnahuma wa Fathimah

Artinya: “Aku berharap diselamatkan dari panas derita wabah yang bikin sengsara dengan wasilah derajat luhur lima pribadi mulia yang aku punya: Baginda Nabi Muhammad al-Mushthafa saw, Sayyidina Ali al-Murtadla dan kedua putra (Hasan dan Husain), serta Sayyidatina Fathimah Azzahra, binti Rasulillah saw’.”

( Setiap Simpangan dikumandangkan Adzan)

Semoga dengan bacaan shalawat Li Khomsatun dan bacaan Kala cakra bisa menghilangkan wabah corona secepat cepatnya ,” Harapan Gilang Adiwidya sebagai Tokoh Spritualis Gresik.

Gilang Adiwidya
Jurnalis Gresik menaramadinah.com