Cak Firman sebut Bantuan Pemerintah hanyalah stimulus

Bangkalan – Kegiatan Workshop Teaching Factory di SMK Nurul Amanah Bangkalan yang berlangsung sejak bulan Mei 2019 resmi ditutup hari ini oleh Plt Kasi SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Bangkalan, Firman Syah Ali, yang akrab disapa Cak Firman.

Hadir secara langsung dalam acara penutupan workshop tersebut, Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Amanah KH M Jazuli Nur Lc dalam kapasitasnya sebagai Ketua Yayasan SMK Nurul Amanah. Kyai Jazuli Nur saat ini merupakan Wakil Ketua PWNU Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Cak Firman mengucapkan terima kasih kepada keluarga Pondok Pesantren Nurul Amanah Bangkalan yang telah berperan serta aktif dalam pembangunan bidang pendidikan di Kabupaten Bangkalan.

Cak Firman juga menyampaikan bahwa bantuan dana pelaksanaan Teaching Factory dari pemerintah hanyalah stimulus alias rangsangan.

“Bantuan dari kami ini hanyalah foreplay, hanya stimulus, dengan harapan bapak-ibu sekalian menjadi terangsang” ucap Cak Firman sembari diikuti senyum ibu-ibu.

“Kalau bapak dan ibu sudah terangsang maka akan semakin kreatif dan inovatif. Jadi layanan jasa perbaikan kendaraan ringan ini jangan sebatas jumlah bantuan pemerintah, berinovasilah Bapak Ibu sekalian agar layanan jasa ini semakin produktif dan besar. Sekali lagi bantuan dana dari kami hanya perangsang, bukan segala-galanya, namanya juga bantuan”, tegas Cak Firman.

Cak Firman juga mengingatkan bahwa saat ini kita berada dalam era disrupsi akibat revolusi industri 4.0, maka jasa perbaikan kendaraanpun harus berbasis Internet of things.

Menanggapi pidato sambutan Cak Firman, pihak SMK Nurul Amanah langsung menunjukkan rancangan karya inovasinya berupa GPS for services. Dengan alat tersebut, bengkel akan mendapatkan notifikasi kapan saatnya sepeda motor milik pelanggannya memasuki masa servis.

Cara kerja aplikasi tersebut adalah sebagai berikut : Speedometer Sepeda motor pelanggan memberi info ke server bahwa berdasarkan jarak tempuh terkini, sepeda motor tersebut sudah tiba saatnya servis. Kemudian server kirim notifikasi ke pihak bengkel dan pihak bengkel langsung menghubungi nomor Hp pemilik sepeda motor bahwa sudah tiba saatnya servis rutin.

Cak Firman mengapresiasi rancangan inovasi tersebut dan berjanji akan terus memperhatikan SMK Nurul Amanah. “SMK ini punya keinginan maju yang kuat, layak diperhatikan”, ujar Bakal Calon Walikota Surabaya ini diikuti tepuk tangan hadirin. Udik lak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *