Metafisika: Ki SAMSU SAMBANG JAGAD PADUKAN PENGOBATAN ALTERNATIF KEJAWEN DAN ISLAM KONTEMPORER

Makassar, MenaraMadinah.Com
Dunia Pengobatan Alternatif kini kian beragam, berkembang pesat seiring dengan ragam rumitnya jenis penyakit yang diderita masyarakat. Walaupun dunia kedokteran barat atau medis kian modern, namun anehnya jenis dan macamnya penyakit kian menjadi jadi.

Salah satu buktinya, semakin banyaknya pasien yang tidak tertampung di beberapa rumah sakit baik rumah sakit pemerintah maupun swasta. Bahkan tak jarang kita dengar cerita, adanya pasien yang gagal berobat secara medis.

Penyakit memang beragam, baik berupa keluhan medis maupun non medis. Untuk itu penanganan pasien pun mestinya disesuaikan dengan gejala, keluhan dan dianogsa awalnya sehingga hasil pengobatan bisa lebih efektif dan hemat biaya.

Adalah Ki Samsu Sambang Jagad ( 53) kelahiran Solo, seorang tabib terpelajar berjiwa muda ini sejak 1999 telah berkelana mulai dari kota Borneo ( Pontianak Kalbar) , Malaysia, Brunei Darussalam dan kini bermukim di kota Daeng Makassar Sulawesi Selatan. Beberapa Perguruan dia masuki untuk memburu ilmu pengobatan, baik tradisional Kejawen, Alternatif Modern Barat dan Thibunnabawi secara islami. Beberapa teknik seni pengobatan dia kuasai mulai dari yang cara kuno, sampai cara yang mutakhir kekinian.

Teknik atau seni penyembuhan yang pernah dia praktekkan berpuluh tahun antara lain, teknik Godoq Gembolo Geni, teknik Akupresure Chikung, teknik Sembur Suwuk Banyu Barokah, teknik Refleksi Syaraf, teknik Sapuan Quantum, teknik Gurah, teknik Bekam alHijamah hingga teknik Komplementary Holistik perpaduan beberapa metode antara lahiriah dan batiniah, termasuk ramuan herbal unggulan.

Semua teknik atau metode punya kelebihan dan kekurangan ,sesuai dengan jenis keluhan penyakit pasien. Sama halnya kedokteran medis, semua punya keterbatasan jangkauan dalam mengatasi ragam penyakit. Makanya perlu sinergi antar metode pengobatan tersebut supaya hasilnya optimal.

Ki Samsu Sambang Jagad dalam memberikan layanan penyembuhan alternatif tersebut, membentuk Yayasan Pengobatan Alternatif Miftahussalam Indonesia, berdiri sejak 1999 di Pontianak, dengan Badan Hukum Nomor O1/1999 Notaris Eddy Dwie Pribadi SH. Dibawah naungan Yayasan ini, Ki Samsu Sambang Jagad sering menggelar Diklat dan Bhakti Sosial Pengobatan Gratis pada Hari Ulang Tahun Yayasan ini, yang diikuti para Pecinta seni pengobatan alternatif di tanah air. Sudah ada puluhan Penyembuh Alternatif yang pernah berguru padanya. Sedangkan pasien yang pernah mendapatkan manfaat dari praktek ketabibannya hingga kini mencapai hampir puluhan ribu pasien. Semua didokumentasi dalam 3 buku pasien tersimpan sebagai bukti sejarah bagi anak cucu.

Penyakit yang biasa dibantu penyembuhannya meliputi : Kanker segala macam Kanker/Tumor, Diabetes,. Asam Urat, Jantung, Hipertensi, Mandul Inginkan Keturunan, bahkan penyakit yang aneh sekelas AIDS/ HIV pun ditanganinya. Pecandu Narkoba yang niat ingin sembuhpun dibantu dengan serius sampai tuntas tak kambuh ketagihan lagi. Disinilah fungsinya komprehensif antara terapi, doa, sugesti dan aneka herbal yang berfungsi sebagai detox dan perbaikan imun tubuh.

Dari pengalaman berguru ilmu dan buka praktek penyembuhan, maka Ki Samsu seringkali mendapati ilmu baru dalam teknik penyembuhan. Termasuk teknik Sapuan Quantum perpaduan pernafasan, doa khusus, highsuggertios, serta teknik pembebasan emosi alias EFT ( Emotion Freedom Tecknik).

Diantara banyak ragam penyakit, Ki Samsu menyimpulkan sebetulnya asal mula penyakit adalah dari Emosi. Dari sinilah sehingga terjadi kelainan sistem fungsi dan daya tahan imun tubuh, akibat ketimpangan, ketidak nornakan atau berlebihannya , kekurangannya salah satu unsur dalam tubuh. Makanya pola makan, pola hidup dan managemen emosi menjadi penting bagi keseimbangan kesehatan tubuh manusia.

Ki Samsu Sambang Jagad meyakini, pola hidup yang diajarkan Para Nabi ( khususnya Nabi Muhammad SAW) sangat baik untuk menjaga kesehatan, yakni hidup sederhana, sabar dan bersyukur, makan setelah lapar dan berhenti makan sebelum kenyang. Berwudhu dan Sholat adakah teknik ibadah sekaligus mujarab untuk mendapatkan tubuh yang sehat, jasmani maupun rohani. Puasa pun bagian yang penting untuk mencipta sistem imun tubuh, termasuk reparasi organ tubuh yang efektif.

Karena kesibukannya, Pria mantan Pemred salah satu TV swasta di KalBar ini, kini tidak membuka klinik khusus pengobatan. Ki Samsu hanya melayani secara private bagi warga yang membutuhkan pertolongan. Digaransi, disini tidak ada teknik kurafat syirik musyrik dan klenik lainnya. Kini semua metode pengobatan alternatif yang dikembangkan, disesuaikan dengan cara islami, ilmiah, ilahiyah.
WA 082187376539