PW LP Maarif Jatim Ziarah ke Pronggoboyo Maduran Lamongan

Lamongan – Pengurus Wilayah LP Maarif Jawa Timur dan Pengurus Cabang LP Maarif se-Jawa Timur melakukan ziarah ke Makam Jokotingkir di Pringgoboyo Maduran Lamongan.

Makam Jokotingkir memang muncul dalam banyak versi, diantaranya versi Sragen dan versi Lamongan. Makam Jokotingkir versi Lamongan ini konon diresmikan oleh KH Abdullah Faqih Langitan dan langsung diziarahi oleh Gusdur.

Bakal Calon Walikota Surabaya, Firman Syah Ali yang akrab disapa Cak Firman yang tampak di tengah-tengah rombongan ziarah berkomentar “Sejarah memang selalu muncul dalam banyak versi, kami tidak faham apakah ini makam asli mbah Joko Tingkir, sedangkan yang di Sragen hanya petilasan? atau malah sebaliknya? yang penting kami datang, berziarah, tahlilan dan berdoa karena makam ini pernah diziarahi Gusdur, pasti bukan makam sembarangan”.

Joko Tingkir adalah nama remaja Prabu Hadiwijaya, sang pendiri Kerajaan Pajang yang legendaris. Kerajaan Pajang adalah penerus Kerajaan Demak Bintoro dan pendahulu Kesultanan Mataram Islam. Joko Tingkir menurunkan ulama-ulama besar nusantara, diantaranya KH Hasyim Asy’ari (pendiri Ormas Nahdlatul Ulama).