Gus Muwaffiq Jadi Penceramah Kondang Berkat Restu Gus Dur

Menaramadinah.com,Gus Muwaffiq adalah salah satu kyai NU yang ceramah-ceramahnya digemari ribuan netizen dan kerapkali diunggah dimedia sosial.Kyai bernama lengkap Ahmad Muwaffiq tersebut lahir di Lamongan, 2 Maret 1974.Saat menjadi mahasiswa di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,bakat ceramahnya sudah kelihatan,sering ceramah di forum-forum kemahasiswaan .Bahkan dia mendapat posisi sebagai Sekretaris Jenderal mahasiswa Islam se-Asia Tenggara.


Sebelum kuliah,Gus Muwaffiq gemar belajar dari satu pesantren ke pesantren lainnya hingga berkawan dengan Gus Maksum,Gubes Pagar Nusa,keduanya tak jarang latihan silat bersama.
Ciri khas Gus Muwaffiq adalah berambut gondrong dan bersuara lantang.Kyai yang suka laku tirakat itu mengakui bahwa dia gondrong sejak muda ,orang tuanya tidak melarang,asalkan tetap rapi.
Disela-sela waktu berdakwah keliling dan mengurusi santri-santrinya,Gus Muwaffiq bermain gitar dengan menyanyikan lagu-lagu dari Bang Iwan Fals.
Selain memahami dan menguasai kitab kuning mulai dari nahwu-shorof ,balaghoh,fiqih,ushul fiqih,tafsir,tauhid dan berbagai isu kontemporer ,kyai yang tinggal di Perumahan Jombor Pratama No.19 Mlati,Sleman,Jogjakarta itu juga menguasai sejarah penciptaan alam semesta,zaman para nabi,sejarah Islam pasca Nabi Muhammad,politik internasional dan sejarah nusantara .
Hafalannya sangat kuat hingga hafal silsilah para wali ,kyai sepuh dan keilmuan lain yang mendukung syiarnya.
Kepiawaiannya dalam menyampaikan ajaran Islam secara jelas,lugas ,berbobot dan sesekali disisipi humor yang proporsional membuat pihak istana negara mengundangnya untuk ceramah di Istana Bogor ,dihadapan Presiden Jokowi dan para pejabat negara pada 21 November 2018.
Ternyata,Gus Muwaffiq yang pernah mengangkat mobil Panser TNI dengan memakai tangan kiri,punya kisah menarik dengan almarhum Gus Dur.
Saat Gus Dur masih aktif sebagai Ketum PBNU,beliau mimpi bertemu kakeknya KH.Hasyim Asy’ari .Dalam mimpi Gus Dur diberi pesan kakeknya untuk membentuk bagi warga NU /Nahdhliyin agar berkiprah dalam panggung politik praktis ,maka lahirlah PKB.
Sebelum mendirikan partai tersebut,Mbah Hasyim memberikan dawuh bagi Gus Dur agar menemukan tokoh bernama KH.Ahmad Muwaffiq.PKB tidak akan mampu berdiri tanpa peran dari tokoh itu.
Singkat cerita,ketika Gus Dur mengisi seminar di IAIN Sunan Kalijaga Jogjakarta,putra KH.Wachid Hasyim itu berhasil bertemu KH.Ahmad Muwaffiq yang kala itu masih mahasiswa yang suka pakai celana jeans komprang robek-robek dan senang sekali bermusik dikampus yang sekarang bernama UIN Sunan Kalijaga.
KH.Ahmad Muwaffiq yang disebut sebagai wasilah terbukanya “kunci tanah Jawa” lalu dimintai bantuan Gus Dur untuk bertirakat di Makam Sulthonul Anwar Syeikh Ismail yang merupakan leluhur Gus Muwaffiq di pulau besar Malaka,Malaysia selama 3 bulan lamanya.
Dikemudian hari Partai Kebangkitan Bangsa sukses mengantarkan Gus Dur sebagai Presiden RI Ke-4.
Tahun 2006,Gus Dur secara khusus memberi amanah untuk Gus Muwaffiq supaya menggantikan beliau berceramah dari desa ke desa diberbagai pelosok Indonesia hingga akhirnya nama Gus Muwaffiq dikenal masyarakat luas sebagai da’i yang berwibawa dan ditunggu wejangan-wejangannya yang sungguh bermanfaat bagi kemajuan dan kemaslahatan umat.
Bro J,menaramadinah.com.