Bupati Hadiri Larung Sesaji Dua Desa di Puger

 

Jember-menaramadinah.com- Tepatnya Sabtu 14 /9/19 Bupati Jember dr. Faida MMR menghadiri larung sesaji / petik laut, yang telah menjadi tradisi warga Puger setiap tahun pada bulan Muharram ini, Larung sesaji untuk tahun ini tak sama dengan sebelumnya karena untuk saat ini langsung melibatkan warga dua Desa, Puger Wetan dan Puger Kulon.

Kalau sebelumnya melaksanakan sendiri sendiri setiap desa .
Larung sesaji ini adalah bertujuan untuk meminta keselamatan kepada Tuhan yang maha kuasa, karena pada umumnya warga dua Desa itu mata pencaharian setiap hari melaut mencari ikan agar tetap diberi keselamatan dan berkah serta melimpah hasil tangkapan ikan.

Dalam acara tersebut tampak Bupati didampingi Dandim 0824 Letkol, Inf, Laode M Nurdin, Kasi Pidana khusus, Herdianto, Muspika Kecamatan Puger, serta undangan yang tak bisa disebutkan nama satu persatu dan ribuan warga Jember khususnya Puger yang hadir menyaksikan.

Bupati Jember dr. Faida MMR kepada sejumlah media mengatakan, agenda tahunan warga Puger ini adalah Larung sesaji yang biasanya dilakukan sendiri – sendiri . Kali ini Desa Puger Wetan dan Puger Kulon bergabung menjadi satu.

” Ini adalah fenomena yang sangat bagus sekali Larung sesaji dilakukan bersama dari dua Desa, karena warga setempat setiap hari pekerjaannya melaut, sehingga mengharapkan keselamatan pada saat mencari ikan.” Tandas Bupati Faida.

Lebih jauh Bupati perempuan ini menerangkan, warga yang hadir tak hanya disuguhi Larung sesaji saja, akan tetapi juga masih banyak hiburan semisal, carnaval berbagai budaya, pameran dan UMKM serta kegiatan yang lain untuk memanjakan pengunjung seperti surfing.

” Semua kegiatan yang telah berlangsung ratusan tahun ini khususnya bagi warga Puger, ini bisa disaksikan langsung bersama warga dan tak ada sekat bagi mereka karena semua ini bernilai religius dan tak ada perbedaan .” Imbuh Faida.

Dia menambahkan, kedepan nanti gerebek Suro / Larung sesaji di Puger ini tak hanya begini saja, bahkan bisa lebih berkembang lagi dari sebelumnya saat ini.” Saya yakin akan lebih meriah lagi pada tahun depan. Selain itu event ini akan menjadi daya tarik sendiri bagi warga setempat dan dari luar kota Jember.” Pungkas Bupati Faida.

Pantauan media ini saat acara sangat meriah sekali, bahkan ribuan orang tampak hadir pada saat Larung sesaji tersebut, termasuk adanya kegiatan pameran stand UMKM binaan Pemkab Jember ini.( Bas/Hrl.jurnslisMM.com)