1.325 Siswa RA/TK/PAUD se-Blitar Raya Ikuti Peragaan Manasik Haji

Kota Blitar – menara madinah.com – Pelepasan balon oleh H. Solekan -Kepala Kemenag Kota Blitar menandai dimulainya Peragaan Manasik Haji Anak Tingkat RA/TK/PAUD se-Blitar Raya Tahun 2019. Suara sirine yang ditombol oleh Wikanto –Asisten 1 Walikota Blitar dan tepuk tangan peserta menambah semarak dimulainya giat bersama antara Pemkot, Kemenag dan Ikatan Guru Raudathul Athfal (IGRA) Kota Blitar tersebut.

Selanjutnya kloter demi kloter peserta yang berasal dari RA/TK/PAUD se-Blitar Raya diberangkatkan, bergantian oleh Kasi Penma dan Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Kemenag Kota Blitar. Siswa RA/TK/PAUD se-Blitar Raya yang jumlahnya 1.324 anak pun meninggalkan halaman Kantor Walikota Blitar menuju alon-alon.

Miatin Alfin –Ketua Panitia/Kepala RA Kardina Massa menuturkan, “Jenis peragaan manasik yang dilakukan yaitu Haji Tamatuk, melaksanakan umroh dulu kemudian berhaji.”.

Peragaan manasik haji anak diawali dengan berkumpulnya anak-anak yang sudah dibagi menjadi 14 kloter di halaman Kantor Pemkot sebagai Miqot. Anak-anak berniat umroh kemudian menuju ke alon-alon untuk melaksanakan Thowaf. Setelah itu singgah di Zam-zam yang dilanjutkan dengan Sa’i dari Shifa ke Marwa dilanjutkan menuju Makkah.

Setelah beristirahat sejenak serta berniat haji kemudian menuju arofah. Anak-anak beserta kelompok kloternya berbaris dan bermukim sambil melakukan rangkaian sholat sunnah dan mendengarkan khutbah sampai pada saatnya menuju Muzdalifah serta terowongan Mina kemudian melempar jumroh di Ula, Wustho dan Aqobah.

“Kegiatan dibantu oleh 34 panitia dengan setiap 10 anak bersama 2 pendamping,” tambahnya. Masih dalam rangkaian kegiatan Peragaan Manasik Haji Anak Tingkat RA/TK/PAUD se-Blitar Raya Tahun 2019, juga dilakukan pemotongan replika hewan qurban. Kemudian menuju Ka’bah untuk melakukan Thowaf selanjutnya Sa’i lagi dan ditutup dengan Tahalul (pemotongan rambut).

Adrikah –Ketua IGRA Kota Blitar menambahkan, “Dalam kegiatan tersebut jumlah siswa RA se-Kota Blitar ada 754 siswa. Selebihnya dari PAUD/TK yang ada di Kabupaten Blitar.”.

Adapun maksud dan tujuan kegiatan ini yaitu sebagai bentuk pengenalan dan pembelajaran bagi siswa untuk mengenalkan rukun Islam yang ke lima. Kemudian sebagai sarana syiar kami dari RA sebagai lembaga pendidikan yang bercirikan Islam yang mampu menginspirasi banyak orang dan ajang silaturahmi antar kepala, guru dan warga sekolah.

“Kami berharap setelah mengikuti kegiatan ini bisa menginspirasi, menjadi pengalaman indah buat anak-anak dan menjadikan sebuah cit-cita di masa dewasa mereka kelak,” tambahnya.

Peragaan Manasik Haji Anak Tingkat RA/TK/PAUD se-Blitar Raya ini dilakukan setiap tahun dan merupakan kerja bareng antara Pemkot, Kemenag dan IGRA Kota Blitar. Syiar kami untuk mengenalkan RA sebagai lembaga yang mampu menginspirasi dan menjadi daya tarik. Oleh sebab itu dukungan dari Kemenag juga Pemkot Blitar sangat kami harapkan.

Ucapan terimakasih kepada Pemkot, Kemenag serta teman Kepala dan Guru IGRA se-Kota Blitar yang sudah bekerjasama demi terlaksananya acara ini. “Saat ini kami masih minim keilmuan birokrasi. Dan berharap tahun mendatang semakin baik lagi,” pungkasnya. (dikamoza) – Jurnalis Citizen MM.com